KPK Dalami Cara Pengusaha Lobi Bupati Nonaktif Banjarnegara

Bupati Banjarnegara Budhi Sarwono
Sumber :
  • VIVA/M Ali Wafa

VIVA – Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) telah memeriksa dua orang saksi kasus dugaan korupsi pemborongan, pengadaan, dan persewaan di Banjarnegara pada Selasa, 2 November 2021.

Sahroni Pastikan Surya Paloh Tak Dilobi Jokowi saat Bertemu di Istana

"Para saksi hadir dikonfirmasi antara lain terkait dengan cara mendapatkan proyek pekerjaan di Pemkab Banjarnegara yang diduga dengan melakukan pendekatan khusus, disertai dengan komitmen pemberian fee pada tersangka BS (Bupati nonaktif Banjarnegara Budhi Sarwono) melalui tersangka KA (orang kepercayaan Budhi, Kedy Afandi)," kata Plt Juru Bicara KPK Ali Fikri kepada awak media, Rabu, 3 November 2021.

Plt Juru Bicara KPK Ali Fikri.

Photo :
  • Humas KPK
Viral Komika Nopek Novian Sebut UMR di Jateng Paling Rendah se-Indonesia, Segini Nominalnya

Ali mengungkapkan, dua orang yang diperiksa yakni wiraswasta Budi Gunawan dan ULP Erwin. Ali enggan memerinci lebih jauh pertanyaan penyidik kepada keduanya. Namun, lobi pengusaha ke Budhi untuk memenangkan proyek diyakini disertai dengan pemberian uang suap.

Bupati nonaktif Banjarnegara Budhi Sarwono diduga menerima suap dari pekerjaan proyek infrastruktur di Kabupaten Banjarnegara. Total, dia diyakini telah menerima Rp2,1 miliar dari beberapa proyek. Budhi dibantu pihak swasta Kedy Afandi yang sekaligus orang kepercayaannya. Selain itu, Budhi juga dijerat KPK dengan pasal gratifikasi. 

Integritas Firli Bahuri dan Komitmen Penegakan Hukum Irjen Karyoto
Viral Petani di Banjarnegara Buang Salak ke Sungai, Ini Penyebabnya

Viral Petani di Banjarnegara Buang Salak ke Sungai, Ini Penyebabnya

Cuplikan video memperlihatkan petani salak membuang hasil panennya ke sungai viral di media sosial. Aksi tersebut terjadi di Kabupaten Banjarnegara, Jawa Tengah.

img_title
VIVA.co.id
4 April 2024