Jadi Calon Tunggal Panglima TNI, Ini Catatan Kekayaan Andika Perkasa

Ksad Jenderal TNI Andika Perkasa
Sumber :
  • Novi Abdi/ Antara.

VIVA – Menteri Sekretaris Negara Pratikno telah menyerahkan Surat Presiden (Surpres) terkait pengganti Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto ke DPR RI. Dalam Surpres itu, KSAD Jenderal Andika Perkasa menjadi calon tunggal Panglima TNI.

Asia Tenggara Bisa Jadi Pemimpin Industri Kripto Dunia, Begini Penjelasannya

Dikutip VIVA dari laman KPK, Rabu, 3 November 2021, tercatat bahwa Andika memiliki harta kekayaan total Rp179.996.172.019. Harta kekayaannya itu dilaporkan saat Andika menjabat sebagai Kasad TNI AD. Laporan tersebut disampaikan pada 20 Juni 2021.

Harta Andika didominasi dengan tanah dan bangunan yang berjumlah 20 unit. Rumah dan tanahnya tersebar di sejumlah daerah seperti Jakarta, Cianjur, Bogor, Bantul, Sleman, Bandar Lampung, Surabaya, dan Tabanan Bali. 

Trading Kripto untuk Pemula Cuan Hanya di Sini

Baca juga: Jokowi ke Abu Dhabi, Ini Catatan Investasi UEA di Indonesia

Adapun dari tanah dan bangunan itu, semuanya statusnya hibah tanpa akta, hanya satu tanah di Bogor yang hasil sendiri.

Cocok untuk Content Creator, Aset Kripto Ini Resmi Diperdagangkan di Indonesia

Andika juga tercatat memiliki aset bangunan hibah tanpa akta di Australia, serta tiga unit tanah dan bangunan hibah tanpa akta di Amerika Serikat. 
Jumlah keseluruhan aset tersebut sekitar Rp38 Miliar. 

Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) Jenderal TNI Andika Perkasa

Photo :
  • VIVA/M Ali Wafa

Andika dalam Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara (LHKPN) juga tercatat memiliki 2 kendaraan yakni Landrover Sport 3.0 V6 tahun 2014 dan Mercedes Benz Sprinter 315 tahun 2018. Keduanya ditaksir seharga Rp2,6 Miliar. 

Andika juga tercatat memiliki harta bergerak lainnya yang nilainya ditaksir mencapai sekitar Rp10 Miliar, surat berharga sekitar Rp2 Miliar dan Kas sekitar Rp126 Miliar. 

Namun secara keseluruhan Total harta kekayaan Andika sekitar Rp179,9 Miliar. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya