Masih di Bawah 30 Persen, TNI Gempur Pulau Nias dengan Vaksinasi

Gubernur Sumut Edy Rahmayadi.
Sumber :
  • Putra Nasution/VIVA.

VIVA – Pangdam I Bukit Barisan, Mayjen TNI Hassanudin memimpin langsung misi gempur Pulau Nias dengan vaksinasi. Karena, capaian target di daerah itu, masih di bawah 30 persen. TNI juga akan dibantu jajaran kepolisian dari Polda Sumatera Utara.

WHO: Imunisasi Global Menyelamatkan 154 Juta Jiwa Selama 50 Tahun Terakhir

Itu disampaikan Gubernur Sumatera Utara Edy Rahmayadi di hadapan Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto dan Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo dalam Rapat Evaluasi Penanganan COVID-19. Gubernur Edy menjelaskan, Forkopimda Sumut terus mengoptimalkan pencapaian vaksinasi di wilayah ini.

"Besok atau lusa, Pangdam akan langsung memimpin kegiatan vaksinasi di Pulau Nias," ucap Edy di rumah Dinas Gubernur Sumut di Medan, Rabu 4 November 2021.

Petugas Keamanan KAI Bandara Medan Temukan Uang Puluhan Juta Milik Penumpang

Capaian Vaksinasi Terendah di Sumut

Mantan Pangkostrad itu menjelaskan, bahwa di Pulau Nias ada tiga kabupaten pencapaian target vaksinasinya masih rendah. Yakni Kabupaten Nias Selatan 25,61 persen, Kabupaten Nias Barat 21,71 persen, dan Kabupaten Nias Utara 17,65 persen.

Dugaan Korupsi Rp 8 Miliar, Kejari Medan Tahan Eks Dirut RSUP Adam Malik

"Dibandingkan daerah lain di Sumut, Pulau Nias ini terendah," ungkap mantan Pangdam I Bukit Barisan itu.

Dengan itu, Edy mengatakan Pemerintah Provinsi Sumatera Utara, Kodam I Bukit Barisan dan Polda Sumut, bahwa Pulau Nias menjadi perhatian khusus untuk pencapaian vaksinasi kedepannya.

Dalam misi gempur Pulau Nias, TNI dibantu Polri dalam percepatan vaksinasi dengan sistem jemput bola mendatangi rumah warga atau vaksinasi door to door.

Mantan Ketua Umum PSSI itu menjelaskan, pihaknya sudah menerjunkan tim vaksinator khusus untuk membantu misi di Pulau Nias tersebut.

"Dan saat ini, sudah ada tim di Nias," kata Purnawirawan TNI Jendral Bintang Tiga itu. 

Edy menjelaskan, di Sumut saat ini vaksinasi baru tercapai 47,37 persen untuk dosis pertama dan dosis kedua 29,33 persen. Namun, diakhir Bulan Desember 2021, harus bisa tembus 70 persen sudah divaksin.

Ada 16 daerah di Sumut yang capaian vaksinasinya masih di bawah 40 persen, termasuk tiga daerah di Pulau Nias tersebut.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya