Hirup Gas Beracun, Dua Orang Tewas di Dalam Sumur

Tim SAR melakukan upaya evakuasi 2 orang tewas karena gas beracun.
Sumber :
  • Teguh Joko Sutrisno/ tvOne.

VIVA - Tim SAR gabungan mengevakuasi 2 orang yang sebelumnya dilaporkan keracunan gas di dalam sumur di Desa Bucu kecamatan Kembang Kabupaten Jepara, Jawa Tengah. Kedua orang tersebut adalah Marju (68), warga Bleber RT 03/01 Desa Bucu, dan Pujiono (41), warga Desa Pendem RT 02/02 Kecamatan Kembang Kabupaten Jepara.

Remaja di Lampung Tengah Tewas Ditusuk Pakai Pisau Dapur

Tim SAR melakukan upaya evakuasi 2 orang tewas karena gas beracun.

Photo :
  • Teguh Joko Sutrisno/ tvOne.

Pekerjaan Menguras Air

Sosok Abu Shujaa, Komandan Perang Al Quds yang 'Bangkit' dari Kematian

Kepala Kantor SAR Semarang Heru Suhartanto mengungkapkan awal kejadian pada hari Rabu, 3 November 2021, pagi, kedua orang tersebut turun ke dalam sumur untuk pekerjaan menguras air. Setelah jeda istirahat siang, mereka turun lagi untuk meneruskan pekerjaannya.

"Namun pukul setengah lima sore, ada saksi yang melihat sepeda motor dan sandal masih di pinggiran sumur dan tidak terlihat ada orang. Saksi kemudian mengecek kedalam sumur melihat 2 korban berada di dalam," kata Heru.

Fakta-fakta Dua Helikopter AL Malaysia Tabrakan di Udara, 10 Orang Tewas

Baca juga: Pria Hirup Gas Beracun di Semarang Tewas di Dalam Sumur

Kedalaman Sumur 20 Meter

Ia menambahkan setelah mendapat laporan, tim SAR gabungan pun menuju lokasi untuk melakukan upaya pertolongan dan evakuasi.

"Kedalaman sumur sekitar 20 meter dan lebar 1 meter, evakuasi tim SAR gabungan dengan metode lowering 1 rescuer turun dengan tali menggunakan alat bantu pernafasan self contained breathing apparatus untuk mengikat tubuh korban setelahnya ditarik dengan sistem lifting," kata Heru.

Hirup Gas Beracun

Petugas bisa mengevakuasi korban Pujiono pada pukul 20.30 WIB dalam keadaan meninggal dunia. Selanjutnya tim berjibaku untuk mengevakuasi Marju sekitar pukul 21.00 WIB juga dalam keadaan meninggal dunia.

"Dugaan kuat mereka menghirup gas beracun saat membersihkan air sumur dan tidak bisa menyelamatkan diri," kata Heru.

Laporan: Teguh Joko Sutrisno/ tvOne

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya