Gempa M 5,9 di Maluku Tengah Bikin 26 Rumah Warga Rusak

Peta lokasi gempa Maluku.
Sumber :
  • BMKG

VIVA - Gempa bumi dengan magnitudo 5,9 yang menguncang wilayah Maluku Tengah, Provinsi Maluku, pada Kamis, 4 November 2021, pukul 09.42 WIB, menyebabkan kerusakan di sektor pemukiman. Sejumlah rumah warga di kabupaten tersebut mengalami kerusakan.

Gunung Ruang Erupsi Tim SAR Susuri Pesisir Laut Kepulauan Sitaro Evakuasi Warga Tertinggal

Satu dari belasan rumah di Kabupaten Maluku Tengah, Provinsi Maluku, rusak setelah wilayah itu diguncang gempa dengan magnitudo 6,1, Rabu siang, 16 Juni 2021.

Photo :
  • tvOne/Christ Belseran

BPBD Kabupaten Maluku Tengah melaporkan sebanyak 26 unit rumah warga rusak. Tingkat kerusakan dan dampak yang ditimbulkan masih dalam pendataan BPBD di lapangan.

Aktivitas Erupsi Gunung Ile Lewotolok Masih Tinggi, Menurut Badan Geologi

Berdampak pada 4 Desa

Plt. Kepala Pusat Data, Informasi dan Komunikasi Kebencanaan BNPB, Abdul Muhari, mengatakan perkembangan situasi terakhir pada Kamis malam pukul 19.20 WIB, guncangan gempa berdampak pada 4 desa di Kecamatan Seram Utara, yaitu Desa Sawai, Olong, Besi dan Masidulan.

Gunung Karangetang Mengalami 10 Kali Gempa Embusan, Menurut PVMBG

"Percepatan penanganan bencana gempa bumi, BPBD Kabupaten Maluku Tengah terus melakukan koordinasi dan kaji cepat, seperti kerusakan maupun warga yang rumahnya terdampak gempa," kata Muhari melalui keterangan persnya, Jumat, 5 November 2021.

Rumah rusak akibat gempa di Kepulauan Maluku.

Photo :
  • tvOne/ Christ Belseran (Maluku)

Baca juga: Gempa M 5,9 Getarkan Maluku, Kagetkan Warga yang Lagi Tidur

Tidak Ada Korban Jiwa

Hingga malam tadi, lanjut Muhari, BPBD setempat melaporkan tidak ada korban jiwa akibat peristiwa tersebut. Di samping itu, personel BPBD di lapangan menginformasikan kepada warga untuk tetap waspada dan memantau informasi kejadian dari sumber resmi Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG).

Sementara itu, Kepala Pusat Gempa bumi dan Tsunami BMKG, Bambang Setiyo Prayitno, menyatakan bahwa gempa yang terjadi merupakan gempa bumi dangkal akibat sesar naik Seram Utara. Parameter pusat gempa berada pada 69 km timur laut Maluku Tengah dan berkedalaman 10 km.

Ilustrasi gempa

Photo :
  • ANTARA FOTO/Irwansyah Putra

Dilihat dari kekuatan guncangan yang diukur dengan skala Mercalli Modified Intensity (MMI), wilayah Sawai berada pada V MMI, Wahai IV MMI, Ambon, Masohi dan Saparua III MMI. Skala V MMI mendeskripsikan getaran dirasakan oleh hampir semua penduduk, warga banyak terbangun, gerabah pecah, barang-barang terpelanting, tiang-tiang dan barang besar tampak bergoyang, bandul lonceng dapat berhenti. Semakin tinggi skala MMI, guncangan yang dirasakan warga semakin kuat.

Guncangan Selama 3-4 Detik

Sebelumnya diberitakan, warga Maluku Tengah merasakan guncangan kuat selama 3 hingga 4 detik. Kuatnya guncangan menyebabkan kepanikan warga hingga mereka keluar dari rumah.

BNPB terus memantau dan berkoordinasi dengan BPBD setempat untuk mendapatkan informasi terkini penanganan darurat di lapangan. Di sisi lain, BNPB mengimbau warga untuk tetap waspada dan siap siaga terhadap potensi gempa susulan. Hal tersebut disebabkan fenomena gempa bumi dapat terjadi setiap saat.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya