Cerita Irjen Iqbal Bebaskan Lahan Sirkuit Mandalika Tanpa Konflik

Menparekraf Sandiaga Uno dan Kapolda NTB Irjen Mohammad Iqbal
Sumber :
  • Istimewa

VIVA – Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno memberikan penghargaan kepada Kapolda NTB, Irjen Mohammad Iqbal, Danrem 162/Wira Bhakti Brigjen TNI Ahmad Rizal Ramdhani dan Satgas percepatan penyelesaian masalah lahan di Sirkuit Mandalika.

Turis China Tewas Usai Jatuh ke Jurang Ijen, Menpar Ingatkan Pengunjung Untuk Patuhi Aturan

Penyelesaian lahan di Pertamina Mandalika Internasional Street Circuit atau yang lebih dikenal Sirkuit Mandalika dapat selesai tepat waktu tanpa konflik, berkat upaya Kapolda NTB, Danrem 162/Wira Bhakti dan Satgas.

Atas nama negara, Sandiaga menguncapkan banyak-banyak terima kasih kepada Irjen M Iqbal dan Satgas. Ia mengakui banyak kendala dalam pembangunan terutama permasalahan lahan, namun bisa teratasi.

Pemprov Bali Bantah Komersialisasi Ritual Melukat Bagi Delegasi WWF

"Tapi bapak-bapak memberikan satu contoh kepemimpinan leadership, mengayomi, merangkul dan alhamdulillah ITDC Mandalika Internasional Sirkuit selesai tepat waktu," kata Sandiaga dikutip Jumat, 5 November 2021.

Menurut mantan Wagub DKI Jakarta itu, sumbangsih Kapolda NTB dan jajaran sangat luar biasa dalam permasalahan ini. Menurut dia banyak manfaat dengan selesainya sirkuit yakni tepat waktu, tepat manfaat dan tepat sasaran.

Keren! Bali Jadi Destinasi Pilihan Sadhguru untuk Healing dan Terapi Penyembuhan

"Harapan kita memberikan peluang membuka lapangan kerja sehingga ekonomi kita bankit, masyarakat bisa bangkit dan masyarakat bisa berkegiatan di tengah-tengah pandemi. Dan mudah-mudahan kesejahteraan masyarakat di Lombok Tengah dan NTB meningkat," katanya.

Tak lupa Sandiaga memberikan pantun untuk berterima kasih kepada Kapolda dan jajaran penerima penghargaan. 

"Pergi ke Mandalika jangan lupa kulineran, menunya istimewa rasanya menggiurkan, Pak Iqbal program protokol kesehatan harus ditingkatkan, bersama pak Kasrem kita dorong pariwisata agar mampu bertahan," kata Sandiaga.

Forkompimda NTB menerima penghargaan dari Menparekraf Sandiaga Uno

Photo :
  • Istimewa

Tak hanya dari Sandiaga, penghargaan juga diberikan oleh Direktur Utama PT ITDC, Abdulbar M Mansor. Tanpa satgas percepatan penyelesaian lahan yang digagas Irjen M Iqbal, sirkuit dan penyelenggara balap internasional World Superbike dan Motor GP tidak akan pernah terwujud. 

Abdulbar mengakui tidak akan bisa berdiri di sirkuit Mandalika jika tidak ada peran mereka. Melalui pendekatan yang humanis, sehingga penyelesaian lahan seluas 6,4 hektar yang dihuni 120 masyarakat bisa selesai tanpa ada ekses.

"Ini tak akan terjadi dengan lancar tanpa peran Forkopimda terutama pak Kapolda dan jajarannya termasuk satgas serta Forkopimda NTB," tandasnya.

Sementara Irjen Iqbal menyampaikan kepada Sandiaga bahwa sejak Juli 2020 melakukan pendekatan preemtif approach kepada masyarakat dan pesan dari negara bahwa jangan sampai ada jejak sosial yang tinggal. "Alhamdulillah Insya Allah satu tetes darah pun tidak ada yang jatuh di sana," kata Iqbal.

Sebagai insiator pembentukan satgas, Iqbal menuturkan sudah menjadi tugas bersama (TNI-Polri) menjamin keamanan untuk melindungi dan mengayomi. Dengan semangat itu bersama Danrem dan seluruh tim melakukan pendekatan humanis selama sembilan bulan tepatnya sejak Juni 2020 lalu.

"Senjatanya adalah komunikasi. pendekatan dari hati ke hati dengan pencerahan alhamdulillah selesai," tandas Iqbal.

Iqbal menegaskan seluruh masalah sudah selesai. Masalah pembayaran lahan sedang diselesaikan oleh negara dengan skema yang telah diatur. "Kalau ditanya perasaan saya dan pak Danrem bersyukur tetapi ini merupakan vitamin bagi saya, Pak Danrem dan seluruh tim. Oke terima kasih," ucapnya.

Piagam penghargaan Menparekraf Sandiaga Uno untuk Kapolda NTB Irjen M Iqbal

Photo :
  • Istimewa

Untuk diketahui mereka yang mendapatkan penghargaan dari Menparekraf dan Dirut ITDC adalah Kapolda NTB Irjen Mohammad Iqbal, Danrem 162 Brigjen TNI Ahmad Rizal Ramdhani, Kabid Propam Polda NTB Kombes Awan Hariono, Kapolres Lombok Tengah AKBP Esty Setyo Nugroho.

Kemudian Dandim Lombok Tengah Letkol I Putu Tangkas Wiratawan, Karoops Polda NTB, Kombes Imam Thobroni, Dirintelklam Polda Lampung Kombes Susilo Rahayu Irianto, Kabid Humas Polda NTB Kombes Artanto, Kasubdit 3 Ditreskrimsus Polda NTB Kompol Haris Dinzah, Kanit I Ditpamobvit AKP Joko Tamtomo.

Lalu Kasubbag Umum dan Humas Kanwil BPN NTB, M Shaleh Basyarah, Koordinator Pada Kejati NTB Agus Chandra, Kasi Pertimbangan Kejati Ihsan Asri, Kasi Pengamanan Pembangunan Strategis Dedy Delianto, Kabag Produk Hukum Kab/Ko se-NTB Aang Rizalsamroni, Kasubag Naskah Hukum Yuda Prawira dan Kasubag TU Ari Wahyuddin.

Baca juga: Polda dan Pemprov NTB ke Italia, Belajar Pengamanan Event MotoGP

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya