Dahlan Iskan: Jenderal Andika Akan Jadi Bintang Baru Dalam Peta Capres

Presiden Jokowi saat lantik Andika Perkasa jadi KSAD.
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Wahyu Putro A

VIVA – Mantan Menteri BUMN Dahlan Iskan ikut berkomentar terkait Jenderal Andika Perkasa yang jadi calon tunggal Panglima TNI. Presiden Jokowi dinilai menggunakan hak prerogatifnya memilih Andika karena punya pertimbangan tersendiri.

Ganjar soal Prabowo Bakal Rangkul Lawan Politik: Saya Lebih Baik di Luar Pemerintahan 

"Hanya Presiden Jokowi yang tahu mengapa Jenderal Andika Perkasa yang dipilih menjadi Panglima TNI. Tentu ada pertimbangan yang sangat penting. Sampai hak prerogatif itu digunakan presiden tidak seperti biasanya," ujar Dahlan di Disway.id, dikutip Sabtu 6 November 2021.

Ia melanjutkan, memang tidak ada hukum yang dilanggar. Hanya saja, Dahlan mengatakan, mungkin ada yang sudah terlanjur berharap. Sebab secara giliran, kali ini seharusnya adalah giliran Jenderal TNI AL.

Ungkit Panasnya Debat di Pilpres 2024, Prabowo: Tapi Kita Tetap Satu Keluarga

"Sejak reformasi, jabatan Panglima TNI memang digilir: TNI-AD, TNI-AU, TNI-AL. Tapi itu hanya tradisi baru. Yang tidak diformalkan dalam peraturan atau UU. Tentu tidak mungkin juga diformalkan. Yang berarti akan membatasi hak prerogatif presiden," ujarnya. 

Sebelumnya, Presiden Jokowi pernah menggunakan hak prerogatif yang tidak sesuai tradisi bergilir. Yakni ketika Jenderal Moeldoko digantikan oleh Jenderal Gatot Nurmantyo. "Sama-sama dari angkatan darat," kata Dahlan.

Ganjar Tak Datang saat Penetapan Prabowo-Gibran sebagai Capres-Cawapres Terpilih

KSAD Jenderal Andika Perkasa saat mengantar Presiden Jokowi.

Photo :
  • Istimewa

Untuk pilihan kali ini, Dahlan menilai ini memang ada pertimbangan khusus. Apalagi Jenderal Andika tinggal satu tahun lagi masa dinas aktifnya alias sudah mau pensiun.

"Bulan depan usianya sudah 57 tahun (lahir 21 Desember 1964). Di zaman Orde Baru sering terjadi: masa dinas aktif Panglima TNI (ABRI) diperpanjang. Tapi itu tidak pernah terjadi lagi setelah zaman reformasi," papar Dahlan.

Meski hanya akan menjabat selama 1 tahun dan 1 bulan, Dahlan mengatakan, posisi baru Jenderal Andika ini tetap sangat penting. Terutama kalau dikaitkan dengan tangga karir sipil berikutnya.

"Jenderal Andika sangat populer. Termasuk sangat disenangi di kalangan ibu-ibu. Juga dipuja di kalangan minoritas. Kegantengannya, kegagahannya, kecendekiaannya, dan perjalanan karirnya memang serba memikat," imbuh dahlan.

Dahlan menilai sosok Jenderal Andika saat ini mirip dengan awal kemunculan Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) sebelum jadi Presiden.

"Bisa mengingatkan orang pada sosok awal pemunculan pak SBY. Bahkan ini lebih dari itu: sudah bintang 4, sudah doktor, sudah Panglima TNI-yang belum dicapai SBY di kala itu-," tulis Dahlan. 

VIVA Militer: Jenderal TNI Andika Perkasa setelah disuntik vaksin Sinovac

Photo :
  • Dispenad

Banyak kesamaan yang dimiliki antara Jenderal Andika dengan sosok SBY. Dahlan Iskan kembali menjabarkannya. "Disukai ibu-ibunya bisa sama. Intelektualnya bisa sama. Pendidikan Amerikanya sama. Jenderal Andika lebih perkasa. Lihatlah lengan atasnya. Atau dadanya. Begitu perkasa. Bahkan orang juga akan menyejajarkan Ny Diah Erwiany atau lebih dikenal dengan Hetty Perkasa dengan Ny Ani Yudhoyono," ujarnya.

Menurut analisis Dahlan, publik pun akan menyamakan kecantikan dan kecerdasan mereka maupun penampilannya di bidang sosial. "Orang menilai SBY-Ani itu serasi sekali. Pun Andika-Hetty. Daya tarik dua pasangan itu bisa disejajarkan," imbuh Dahlan. 

Tak hanya itu, Dahlan menjelaskan, SBY adalah menantu Jenderal terkemuka, Sarwo Edhi Wibowo. Sedangkan Andika, tegas Dahlan, adalah menantu Jenderal yang juga top, Hendropriyono.

"Maka saya melihat Jenderal Andika akan menjadi bintang baru dalam peta calon presiden akan datang. Tentu kalau tidak terpeleset dalam jabatan barunya itu. Atau, kalau tidak ada gerakan tiga periode yang masif," tutup Dahlan.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya