Gaya Berpakaian Sandiaga Uno saat Berikan Penghargaan Disorot

Forkompimda NTB menerima penghargaan dari Menparekraf Sandiaga Uno
Sumber :
  • Istimewa

VIVA – Ketua Umum Presidium Pusat (PP) Himpunan Mahasiswa Buddhis Indonesia (Hikmahbudhi) Wiryawan menyoroti aksi Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno yang mengenakan pakaian olahraga saat menyerahkan penghargaan kepada Kapolda Nusa Tenggara Barat (NTB) dan Danrem 162/Wira Bhakti, Sabtu, 6 November 2021.

Sandiaga Akui Sarankan PPP Segera Gabung ke Koalisi Prabowo-Gibran

Sandiaga yang mengenakan celana pendek dan kaos training, dinilai Wiryawan tak elok berpakaian demikian di forum resmi. Pemberian penghargaan terkait keberhasilan dalam pembebasan lahan Pertamina Mandalika Internasional Street Sircuit atau Sirkuit Mandalika, secara tepat waktu dan tanpa ekses. 

"Tidak sepatutnya pejabat publik memakai pakaian yang demikian di forum formil. 'Kolor', celana pendek," kata Wiryawan kepada wartawan, Sabtu, 6 November 2021.

Gibran Absen di Upacara Hari Otoda, Tak Dapat Penghargaan Satyalencana

Apalagi, lanjut dia, Sandiaga kerap mengunggah aktivitasnya di media sosial, sehingga hal itu dapat disaksikan publik secara luas. Ia khawatir perilaku ini berdampak negatif terhadap masyarakat. 

"Apalagi banyak warganet yang mengaku gagal fokus dengan aksi Pak Menteri yang fotonya diunggah di Instagram itu," kata putra daerah NTB tersebut. 

In Memoriam: Prestasi Gemilang Mooryati Soedibyo, Pendiri Mustika Ratu

Perilaku Sandiaga juga disesalkan Ketua Bidang Polhukam PB PMII Daud Gerung. Menurut dia, cara berpakaian seseorang dalam sebuah acara, merupakan wujud penghormatan terhadap orang-orang yang hadir dan acara itu sendiri. Karena itu Daud menyarankan, agar Sandiaga mengenakan pakaian yang sesuai pada tempatnya. 

"Ini kan sama saja tidak menghargai acara dan orang-orang di dalamnya," ungkap Daud. 
Persoalan ini, kata dia menjadi berbeda apabila forum yang dihadiri Sandiaga tak resmi, dan kegiatan yang diselenggarakan merupakan terkait olahraga. "Pada intinya pejabat publik harus bisa menempatkan diri lah," tandas Daud.

Penghargaan dari Menparekraf

Sementara, Kapolda NTB Irjen Mohammad Iqbal, dalam kesempatan itu mengisahkan proses pembebasan lahan untuk pembangunan Pertamina Mandalika Internasional Street Sircuit atau Sirkuit Mandalika, yang sudah dimulai sejak Juli 2020. 

Menurut Iqbal, pembebasan lahan dilakukan dengan cara pendekatan preemtif kepada masyarakat sekitar. Ini dilakukan, lantaran ia teringat pesan dari negara bahwa membebaskan lahan untuk pembangunan Sirkuit Mandalika, jangan sampai ada jejak sosial yang tinggal.

"Alhamdulillah, insya Allah satu tetes darah pun tidak ada yang jatuh di sana," ujar Iqbal.

Sebagai insiator pembentukan satgas, Iqbal mengatakan bahwa sudah menjadi tugas bersama yakni TNI-Polri, untuk menjamin keamanan untuk melindungi dan mengayomi. Dengan semangat itu, Polda NTB bersama Korem dan seluruh tim melakukan pendekatan humanis selama sembilan bulan. 

"Senjatanya adalah komunikasi. Pendekatan dari hati ke hati dengan pencerahan alhamdulillah selesai, saat ini seluruh masalah untuk Sirkuit Mandalika sudah rampung. Sementara untuk masalah pembayaran lahan, katanya, saat ini sedang diselesaikan oleh Negara dengan skema yang telah diatur," papar Iqbal.

"Kalau ditanya perasaan saya dan pak Danrem bersyukur tetapi ini merupakan vitamin bagi saya, Pak Danrem dan seluruh tim," imbuhnya. 

Selain Irjen Iqbal dan Brigjen TNI Ahmad Rizal Ramdhani, penghargaan dari Menparekraf dan Direktur Utama PT ITDC, Abdulbar M Mansor ini, juga diberikan kepada Kabid Propam Polda NTB Kombes Awan Hariono, Kapolres Lombok Tengah AKBP Esty Setyo Nugroho.

Kemudian Dandim Lombok Tengah Letkol I Putu Tangkas Wiratawan, Karoops Polda NTB, Kombes Imam Thobroni, Dirintelklam Polda Lampung Kombes Susilo Rahayu Irianto, Kabid Humas Polda NTB Kombes Artanto, Kasubdit 3 Ditreskrimsus Polda NTB Kompol Haris Dinzah, Kanit I Ditpamobvit AKP Joko Tamtomo.

Lalu Kasubbag Umum dan Humas Kanwil BPN NTB, M Shaleh Basyarah, Koordinator Pada Kejati NTB Agus Chandra, Kasi Pertimbangan Kejati Ihsan Asri, Kasi Pengamanan Pembangunan Strategis Dedy Delianto, Kabag Produk Hukum Kab/Ko se-NTB Aang Rizalsamroni, Kasubag Naskah Hukum Yuda Prawira dan Kasubag TU Ari Wahyuddin.

Baca juga: Hore, Tiket Nonton Superbike Mandalika Ada yang Rp150 Ribu

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya