Megawati Ajak Muda-Mudi Ambil Kesempatan ikut Beasiswa LPDP

Ketua Umum PDIP, Megawati Soekarnoputri.
Sumber :
  • VIVA/ Eduward Ambarita.

VIVA – Ketua Umum Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP), Megawati Soekarnoputri, mendorong para pemuda-pemudi untuk mengejar ilmu setinggi-tingginya, serta mengambil kesempatan jalur beasiswa Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP) yang programnya dimiliki pemerintah. Megawati bilang, bangsa yang besar adalah bangsa tetap berdiri di kaki sendiri, serta mengedepankan ilmu pengetahuan di dalam pembangunan suatu negara. 

Otto Hasibuan: Kami Minta Megawati Dipanggil di Sidang MK, Mau Enggak?

Hal itu disampaikan Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto saat menyampaikan pesan Megawati di sela - sela acara Sosialisasi Peluang Beasiswa LPDP.

“Saya diingatkan oleh Ibu Megawati Soekarnoputri bahwa Indonesia akan maju kalau kita berdiri kokoh pada semangat berdikari, berdiri di atas kaki sendiri. Dan semangat tersebut harus diwujudkan melalui penguasaan ilmu pengetahuan dan teknologi," kata Hasto di kantor DPP PDI Perjuangan, Jakarta, Selasa 9 November 2021.

Kemnaker Berikan Beasiswa Pendidikan Wujud Kepedulian Generasi Penerus Bangsa

"Dari Ibu Megawati Soekarnoputri, kepada seluruh pemuda pemudi Indonesia, mahasiswa Indonesia, yang pada hari ini mengikuti webinar untuk bagaimana mendapatkan beasiswa dari pemerintah," sambung Hasto.

Acara yang diinisiasi oleh DPP PDIP Bidang Pemuda dan Olahraga ini, turut menghadirkan langsung Direktur Utama LPDP Andin Hadiyanto dan Direktur Beasiswa LPDP Dwi Larso. 

Gerindra soal Pertemuan Prabowo-Megawati: Bukan Tidak Mungkin Terwujud

Lantas Hasto pun bercerita, sejarah yang terkadang luput diketahui oleh rakyat justru harus dimengerti, minimal secara dari dasar dulu apa yang ada kandungan di bumi beserta isinya. Hasto yang juga lulusan Fakultas Teknik Kimia UGM ini bilang, pada tahun 1965, Indonesia berupaya untuk menguasai ilmu nuklir, ilmu logam, serta ilmu berkaitan dengan angkasa luar, hingga sastra. 

Oleh sang Proklamator dan Presiden RI Pertama Ir. Soekarno dikirimkan lah lebih dari 260 ribu mahasiswa-mahasiswi Indonesia untuk belajar ke berbagai tempat. Pesannya yang penting dari Bung Karno supaya pemuda berjuang menguasai ilmu pengetahuan dan teknologi agar kelak Indonesia pun berdaulat.

“Agar cita-cita bagi Indonesia yang berdaulat, Indonesia yang berdikari, dan berkepribadian dalam kebudayaan dapat dijalankan dengan sebaik-baiknya," ujar Hasto yang saat ini pun masih menempuh studi doktoral di Universitas Pertahanan. 

PDIP pun, lanjut Hasto, kini memang mendorong seluruh kaum muda Indonesia berjuang terdepan dan sebagai peloppor dalam penguasaan ilmu pengetahuan dan teknologi. Hal ini pula pas momentumnya dengan pendirian Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN). Bukan sekadar itu, pihaknya juga tentu mendorong seluruh kegiatan riset dan inovasi di Tanah Air.

"Politik juga memerlukan aplikasi dari riset dan inovasi di dalam mengambil kebijakan-kebijakan publik. Mari kita gunakan dengan sebaik-baiknya, peluang untuk mendapatkan beasiswa dari pemerintah bagi kemajuan Indonesia Raya kita,” kata Hasto.

Baca juga: Pesan Sri Mulyani ke Penerima LPDP: Kalian Berutang ke Negara

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya