Ada Tugu Api Indonesia Merdeka Tak Pernah Padam di Kantor Prabowo

Patung Bung Karno yang terletak di Lapangan Bela Negara kantor Prabowo
Sumber :
  • Biro Pers Istana

VIVA – Presiden Joko Widodo meresmikan patung Bung Karno yang terletak di Lapangan Bela Negara kantor Kementerian Pertahanan, Jakarta. Jokowi meresmikan Tugu Api Semangat Indonesia Merdeka Tidak Pernah Padam di tempat yang berdekatan dengan patung Bung Karno menunggang kuda bersama keluarga dan Menteri Pertahanan Prabowo Subianto, sore tadi Selasa 9 November 2021.

Top News: AHY Wanti-wanti Prabowo, Heboh Wali Nagari di Sumbar Digerebek Warga Mesum

Berdasarkan foto yang diterima wartawan dari fotografer Presiden Agus Suprapto, Jokowi mengenakan jas saat peresmian. Kepala Negara pun terlihat menekan tombol peresmian patung Bung Karno yang sedang menunggang kuda dengan tangan mengambil sikap hormat. Ikut menemani putra sulung Bung Karno, Guntur Soekarnoputra dan Guruh Soekarnoputra.

"Bung Karno pernah menyatakan: warisi apinya, jangan abunya. Warisi semangat yang menyala - nyala, semangat untuk memperjuangkan kemerdekaan, semangat untuk mengisi kemerdekaan, dan semangat untuk membangun Indonesia Maju," kata Presiden Jokowi saat peresmian.

Sekjen PKS: Kalau Pak Prabowo Datang Kita Akan Beri Karpet Merah Sebagai Presiden Pemenang

Presiden Jokowi bersama Menhan Prabowo Subianto

Photo :
  • Biro Pers Istana

Seperti diketahui, sebelum diresmikan Jokowi, Ketua Umum Megawati Soekarnoputri yang juga Presiden RI kelima Megawati Soekarnoputri turut menyaksikan terpampangnya patung Bung Karno di halaman utama depan kantor Kementerian Pertahanan.

Anies soal Tawaran Jadi Menteri di Kabinet Prabowo: Belum Ada yang Ngajak

Saat itu pun dijelaskan, dibangunnya patung yang tak lain sang ayahanda terinspirasi dari peristiwa kala Bung Karno selaku panglima tertinggi pertama angkatan perang republik menginspeksi pasukan dalam acara peringatan hari ulang tahun pertama tahun 1946 di Yogyakarta

Peresmian patung pertama kali dibuka juga bersamaan hari kelahirannya ke-120, yang jatuh di bulan Juni.

"Patung ini adalah ketika Presiden Sukarno sebagai panglima tertinggi kita yang pertama pada Hari Angkatan Perang yang pertama yaitu 5 Oktober 1946 di Yogyakarta menjadi inspektur upacara, di mana untuk pertama kali Republik Indonesia menunjukan memiliki angkatan perang yang siap untuk mempertahankan kemerdekaan," kata Prabowo, Juni lalu.

"Waktu itu sebagai inspektur upacara, sebagaimana tradisi waktu itu, para pimpinan tentara meminta kesediaan beliau untuk menjadi inspektur upacara di atas kuda," ujar Prabowo.

Dikatakan lagi oleh Prabowo, menunggang kuda ala Bung Karno karena permintaan dari para pimpinan tentara. Dan hal itu sudah menjadi budaya di lingkungan militer. Soekarno pun berlatih menunggang kuda dalam waktu singkat.

"Waktu itu sebagai inspektur upacara, sebagaimana tradisi waktu itu, para pimpinan tentara meminta kesediaan beliau untuk menjadi inspektur upacara di atas kuda," ujar Prabowo.

Saat peresmian turut hadir para pimpinan lembaga negara antara lain Ketua Mahkamah Konstitusi Anwar Usman, Ketua Mahkamah Agung Muhammad Syarifuddin, dan Ketua Komisi Yudisial Mukti Fajar Nur Dewata.

Selain itu, juga hadir Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Muhadjir Effendy, Menteri Sekretaris Negara Pratikno, Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian, Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto, Kapolri Jenderal Pol. Listyo Sigit Prabowo, Kepala Staf TNI Angkatan Laut Laksamana TNI Yudo Margono, dan Kepala Staf TNI Angkatan Udara Marsekal TNI Fadjar Prasetyo.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya