Isu Marsekal Hadi Tjahjanto Masuk Kabinet, Begini Reaksi NasDem

Wakil Ketua Fraksi Nasdem di DPR Willy Aditya
Sumber :
  • Instagram Willy Aditya @adityawilly

VIVA – Ketua DPP Partai Nasdem, Willy Aditya, angkat bicara mengenai berhembusnya isu reshuffle kabinet, bahwa Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto disebut akan masuk ke dalam Kabinet usai menjabat sebagai Panglima TNI. 

Mengenal 2 Sosok Jenderal TNI Bintang 4 yang Masih Aktif Betugas

Willy memahami terkait perombakan kabinet merupakan hak prerogatif presiden. Namun dia berharap agar dalam melakukan perombakan kabinet dilakukan sesuai kebutuhan.

"Begini, itu prerogatif Presiden. Cuma kemudian, tentu di dalam proses menjadikan seseorang menteri bukan persoalan utak-atik gatuk atau persoalan akomodatif. Tentu harus kita lihat bagaimana keputusan Presiden dalam hal itu benar-benar porsinya tepat," kata Willy kepada wartawan, Selasa 9 November 2021

18 Jenderal Bintang 2 Dimutasi Panglima TNI di Akhir Maret 2024

Partai NasDem, kata Willy, menyerahkan sepenuhnya kepada Presiden Joko Widodo mengenai perombakan kabinet ini. Sebab sebagai kepala negara, Presiden yang tahu apakah perlu reshuffle atau tidak dan siapa yang akan ditunjuk apabila akan dilakukan reshuffle.

"Partai NasDem menyerahkan kepada Presiden yang terbaik untuk membantu kelancaran tugas-tugas kenegaraan beliau," ujarnya.

4 Pejabat Penting di Lingkungan TNI Diganti, Mayjen Yudi Resmi Jabat Kabais TNI

Presiden diminta tidak melakukan reshuffle jika itu dilakukan hanya dalam prinsip akomodatif. Sebab, saat ini yang terpenting adalah efektivitas dan juga Profesionalitas. 

"Kita harus lebih kualitatif, lebih prospektif, ya lebih berbasiskan tentu kebutuhan pemerintahan ini seperti apa," kata Willy

Dia menambahkan, "Bukan hanya ya utak-atik gatuklah. Tau gak utak-atik gatuk? Geser ke sana-sini, terus diakomodasi, enggak. Kita harus lebih kualitatif, lebih prospektif, lebih berbasiskan, tentu kebutuhan pemerintahan ini seperti apa," ujarnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya