Irjen Iqbal: Sirkuit Mandalika NTB Siap Gelar Event Internasional

NTB menyatakan kesiapan Sirkuit Mandalika menyambut WSBK dan MotoGP
Sumber :
  • Istimewa

VIVA – Jajaran Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) NTB menyatakan siap untuk melaksanakan agenda internasional yang digelar di Sirkuit Mandalika. Diketahui bahwa Sirkuit Mandalika akan menjadi tuan rumah penyelenggaraan IACT, WSBK, dan MotoGP.

Maverick Vinales Cetak Sejarah yang Tak Pernah Diraih Valentino Rossi, Ada Andil Suzuki

Kapolda NTB Irjen Mohammad Iqbal mengatakan seluruh jajaran akan melakukan geladi bersih pada Rabu, 10 November. Dia juga meyakini TNI-Polri akan bisa memberikan pengamanan menyukseskan acara tersebut. 

"Sesuai dengan pesan Bapak Kapolri dan Bapak Panglima TNI dalam kunjungan kemarin, kami harus memperhatikan kelancaran acara dan memastikan juga masyarakat NTB, khususnya lokasi di sekitar venue tertib dengan protokol kesehatan," kata Iqbal dalam final check meeting sekaligus penandatangan kesiapan Sirkuit Mandalika menjadi tuan rumah agenda international, Selasa malam, 9 November 2021.

Valentino Rossi Gagal, Maverick Vinales Sukses

Forkopimda Nusa Tenggara Barat melakukan rapat akhir kesiapan Sirkuit Mandalika

Photo :
  • Istimewa

Dalam acara tersebut juga turut hadir Gubernur NTB Zulkieflimansyah, Danrem 162/Wira Bhakti Brigjen TNI Ahmad Rizal Ramdhani, dan seluruh jajaran terkait.

Meyakini Kebangkitan Marc Marquez di MotoGP Spanyol 2024

Pada rapat final kali ini, lanjut Iqbal, pihaknya akan memeriksa ulang kembali kebutuhan acara bersama pihak terkait. Harapannya ketika acara terlaksana, maka tidak ada kendala di lapangan. 

Eks Kadiv Humas Polri itu menambahkan bukan hanya aspek keamanan saja yang menjadi prioritas. Aspek kesehatan juga telah dipikirkan dengan matang berikut dengan skenarionya oleh Pemprov NTB. 

"Secara umum Provinsi NTB sudah siap jadi tuan rumah IATC dan WSBK. Insyaallah demikian juga untuk MotoGP 2022 nanti. Bahwa kesuksesan acara ini juga menambahkan kepercayaan dunia kepada negara, dari sisi keamanan maupun prokesnya," ucap dia. 

Sirkuit Mandalika

Photo :

Danrem Brigjen Rizal menambahkan TNI akan memberikan dukungan operasi dalam acara tersebut. Dia bahkan sudah mempersiapkan langkah kontingensi apabila terjadi hal-hal yang di luar rencana, seperti bencana alam. 

"Kami sudah lakukan latihan secara gabungan maupun parsial. Bentuknya, kami lakukan dengan simulasi. Ini semua kami laksanakan sesuai tahapan yang ditentukan panitia maupun SOP dari satuan TNI-Polri," kata dia. 

Dalam acara ini, Gubernur NTB Zulkieflimansyah membuka rapat Final Check Meeting perhelatan IATC 2021, WorldSBK 2021, dan MotoGP 2022. 

Seluruh pemangku kepentingan juga menuliskan tanda tangan sebagai tanda kesiapan menjadi tuan murah IATC 2021, WorldSBK 2021, dan MotoGP 2022.

Baca juga: Irjen Imam: 1.500 TNI-Polri Jagain Mandalika

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya