Saat Rizal Ramli Terkesima dengan Mural Perempuan Renta

Rizal Ramli mengunjungi pameran mural di Tangerang.
Sumber :
  • Istimewa.

VIVA - Tokoh nasional Rizal Ramli menghadiri pameran lukisan atau mural hasil kolaborasi 10 seniman jalanan (street artist) di perumahan Alam Raya, Tangerang, Banten, belum lama ini.

Geger Video Mesum Napi Narkoba dengan Wanita di Ruangan Lapas, Lagi Diusut Kemenkumham

Tokoh nasional, Rizal Ramli.

Photo :
  • Istimewa.

Memikul Barang Dagangan

Kumpulan Kata-kata Inspiratif untuk Memperingati Hari Kartini

Saat menyusuri beberapa mural, langkah Rizal Ramli terhenti pada lukisan seorang perempuan renta yang tengah memikul barang dagangannya. Menko Ekuin era pemerintahan Abdurrahman Wahid itu terkesima dengan gambar tersebut.

"Mural seorang perempuan renta yang memikul barang dagangan disertai tulisan 'bagaimana tega kalian mencuri uang kami?' adalah suatu fakta bahwa keadilan dan kesejahteraan bagi rakyat kecil masih menjadi sebuah mimpi dan jauh dari harapan," kata Rizal dikutip pada Rabu, 10 November 2021.

Ada Luka di Dada hingga Leher pada Wanita yang Ditemukan Tewas di Dermaga Pulau Pari

Mantan Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Rizal Ramli.

Photo :
  • Istimewa.

Pejabat Cari Untung

Namun, lanjut Rizal, ada segelintir pejabat sekarang ini yang seolah tak punya rasa malu memanfaatkan kapasitasnya untuk mencari untung di tengah kesusahan masyarakat yang mengalami dampak pandemi COVID-19.

"Ekonomi masyarakat sedang susah akibat pandemi COVID-19, kok tega-teganya ada pejabat yang mencari untung dari bisnis PCR. Padahal sebelumnya ada juga pejabat yang tersandung korupsi bansos," kata Rizal Ramli yang juga mantan Anggota Tim Panel Ekonomi PBB itu.

Baca juga: Fahmi Idris Dukung Rizal Ramli Jadi Capres

Stigma Aksi Vandalisme

Pada kesempatan yang sama, kurator acara, Bambang Asrini, mengatakan, di bulan Juli hingga September 2021, seni mural sempat kembali distigma sebagai aksi “vandalisme”. Karya-karya itu juga sempat disampirkan dalam isu politik yang kental.

Maka, helatan acara ini ingin menyampaikan pesan bersama bahwa seni jalanan hadir secara majemuk, merdeka dan memang sebagai jedah atas intervensi seni di ruang-ruang publik yang setara.

Rizal Ramli ikut hadir dalam Peringatan Hari Tani Nasional di Kabupaten Bogor.

Photo :
  • Istimewa.

L Project menyelenggarakan pameran On & Off Pressure di Kawasan perumahan Alam Raya, Tangerang, Banten, pada 8-9 November 2021. Pameran tersebut merupakan kegiatan seni yang mengajak 10 seniman jalanan untuk kolaborasi melukis mural bersama di dalam satu kawasan di wilayah kota Tangerang.

Sepuluh seniman mural tersebut antara lain Anagard, Digie Sigit, Farhan Siki, The Popo, Arman Jamparing, Bujangan Urban, Media Legal, Edi Bonetski, Hana Madness, dan Bunga Fatia.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya