Bio Farma Sudah Tampung 306 Juta Dosis Vaksin COVID-19

Vaksin di Bio Farma, Bandung, Jawa Barat.
Sumber :
  • VIVA.co.id/ Adi Suparman (Bandung)

VIVA – Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Bio Farma mencatat sudah ada 306 juta dosis vaksin COVID-19, untuk mempercepat kekebalan komunal di tengah pandemi COVID-19.

Gejala Asam Urat yang Wajib Diwaspadai oleh Banyak Orang, Bisa Sebabkan Masalah Serius

Terhitung per 9 November 2021, Indonesia sudah mengamankan sebanyak 306 juta dosis, baik dalam bentuk bulk maupun finish produk. Vaksin-vaksin ini, didapatkan dari bilateral antara Bio Farma dengan mitra penyedia vaksin. 

Di antaranya pemerintah negara sahabat (hibah) seperti dari Australia, Jepang, Amerika, maupun secara multilateral melalui Covax Facility. 

5 Cara Detoks Pikiran untuk Mencegah Stres Makin Parah, Salah Satunya Meditasi

Ilustrasi Vaksin Covid-19

Photo :
  • VIVA/M Ali Wafa

“Dari Informasi yang kami terima dari Kementerian Kesehatan RI, per tanggal 4 November 2021 total vaksin COVID-19 yang sudah terdistribusi, ada 252 juta dosis," ujar Direktur Utama Bio Farma, Honesti Basyir, Rabu, 10 November 2021.

Belimbing Wuluh Ternyata Punya Banyak Manfaat untuk Tubuh, Ini Daftarnya

Menurutnya, ada beberapa vaksin memang yang langsung didistribusikan dari pengembang vaksin dengan pemerintah, seperti Pfizer yang suply agreement-nya langsung antara Pfizer global dengan  Kementerian Kesehatan RI. "Yang didistribusikan ke provinsi di Indonesia," ujarnya.

Seperti diketahui, Bio Farma mendapat penugasan untuk penyediaan vaksin COVID-19 untuk 208 juta masyarakat Indonesia. Jumlah ini akan bertambah seiring dengan telah dikeluarkannya izin penggunaan darurat (EUA) penggunaan vaksin COVID-19 dari Badan POM untuk anak-anak usia 6 - 11 tahun pada awal November 2021. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya