Sah, Komjen Ahmad Dofiri Pimpin Intel Polri

Komjen Ahmad Dofiri.
Sumber :
  • Antara

VIVA – Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo resmi melantik sejumlah perwira tinggi (Pati) Polri baik pejabat di lingkungan Mabes Polri maupun beberapa Kapolda pada Rabu, 10 November 2021. Kini, Komjen Ahmad Dofiri sah menjadi Kepala Badan Intelkam Polri.

“Bapak Kapolri memimpin upacara, dalam upacara tersebut ada dua kegiatan. Pertama korps rapot kenaikan pangkat Pati Polri, dan serah terima jabatan (sertijab) pejabat di lingkungan Mabes Polri serta beberapa Kepala Kepolisian Daerah,” kata Kepala Biro Penerangan Masyarakat Divisi Humas Polri, Brigjen Rusdi Hartono di Mabes Polri.

Menurut dia, Kapolri menaikkan 11 orang Pati Polri yakni dua orang berpangkat jenderal bintang dua atau Inspektur Jenderal menjadi Komisaris Jenderal atau jenderal bintang tiga. Kemudian, ada tiga orang berpangkat jenderal bintang satu atau Brigadir Jenderal menjadi Inspektur Jenderal.

Kapolri Sebut Kedewasaan Politik di 2024 Jauh Lebih Baik Dibanding 2019

Kapolda Jawa Barat Irjen Pol Ahmad Dofiri

Photo :
  • VIVA/Adi Suparman

4 Sosok Jenderal Bintang 4 Kelahiran Tanah Sunda, Pernah Jadi KSAD dan Panglima TNI

“Dan ada enam orang berpangkat Komisaris Besar naik pangkat menjadi Brigjen,” ujarnya.
Sosok Jenderal Termuda di Lingkungan Polri, Raih Bintang Satu Saat Berusia 45 Tahun

Selanjutnya, kata Rusdi, Kapolri juga melantik sejumlah pejabat di lingkungan Mabes Polri antara lain Komjen Ahmad Dhofiri menjadi Kepala Badan Intelijen dan Keamanan Polri, Aslog Kapolri Irjen Raden Prabowo Argo Yuwono, Kepala Korlantas Polri Irjen Firman Shantyabudi, dan Kepala Divisi Humas Polri Irjen Dedi Prasetyo.

Selain itu, Rusdi mengatakan Kapolri juga melantik enam orang Kapolda diantaranya Kapolda Jawa Barat Irjen Suntana, Kapolda Bangka Belitung Irjen Yan Sultra Indrajaya, Kapolda Kalimantan Tengah Irjen Anang Avianto, Kapolda Sulawesi Tenggara Irjen Teguh Pristiwanto, Kapolda Sulawesi Selatan Irjen Nana Sudjana dan Kapolda Sulawesi Utara Irjen Pol Mulyanto.

“Tentunya, kenaikan pangkat dan juga pergeseran atau mutasi di lingkungan Polri ini merupakan suatu yang dinamis di dalam organisasi dan itu akan terus berjalan di institusi Polri,” jelas dia.

Disisi lain, kata dia, ini merupakan pembinaan karir dari seluruh personel Polri yang mengabdi di institusi ini sekaligus menjawab tantangan sekarang tugas pokok Polri yang semakin kompleks. 

“Diharapkan pejabat yang baru tersebut mampu menjawab tantangan tantangan terkini yang dihadapi oleh institusi Polri,” tandasnya.

VIVA Militer: Foto Keluarga Jenderal Besar TNI Abdul Haris Nasution

Sosok 'Jenderal Pembangkang' pada Masa Rezim Soeharto, Kini Raih Pangkat Bintang 5

Dikenal sebagai jenderal pembangkang pada masa Soeharto, Abdul Haris Nasution adalah salah satu figur terkemuka yang memberanikan diri menantang kebijakan rezim.

img_title
VIVA.co.id
25 April 2024