Alasan Jokowi Beri Gelar Pahlawan Nasional untuk Usmar Ismail

Presiden Jokowi di FFI 2021.
Sumber :
  • Repro Youtube Kemendikbud RI

VIVA – Presiden Jokowi menjelaskan alasan pemerintah menganugerahkan tokoh perfilman Usmar Ismail sebagai pahlawan nasional. Usmar Ismail masuk dalam salah satu tokoh yang diberikan penghargaan oleh Presiden, bersamaan dengan peringatan Hari Pahlawan Nasional yang digelar di Istana Merdeka, Jakarta.

3 Jenderal Termuda di TNI Angkatan Darat, Ada yang Jadi Perisai Hidup Presiden Jokowi

Usmar disebut sebagai sutradara yang sudah banyak menuangkan karya dan pikirannya untuk dunia sinema, terlebih telah memprakarsai penyelenggaraan Festival Film Indonesia (FFI) 66 tahun silam. 

"Karena itu tahun ini, pagi tadi, sebagai wujud penghargaan tertinggi untuk para pejuang kebudayaan, atas nama bangsa dan negara saya menganugerahkan gelar pahlawan nasional kepada Bapak Haji Usmar Ismail, Bapak Perfilman Indonesia," kata Jokowi saat menghadiri Malam Anugerah FFI 2021 di Jakarta Convention Center Jakarta, Selasa malam 10 November 2021.

Erick Thohir Beberkan 'Kunci Sukses' Timnas Indonesia ke Media Asing

Baca juga: Wajah Rampok Bersenpi di PIK Terekam CCTV, Ini Penampakannya

Ditemani Menteri Pendidikan, Kebudayaan dan Ristek Nadiem Makarim, Jokowi juga mengapresiasi para pelaku seni perfilman yang telah banyak mengangkat tokoh atau para pahlawan sebagai cerita ke layar kaca.

PM Singapura akan Temui Jokowi Pekan Depan, Bahas Energi Hingga IKN

"Semangat kejuangan para pahlawan, para pejuang kebudayaan, dan bapak perfilman Indonesia harus terus kita jaga dengan menciptakan karya-karya berkualitas yang menunjukkan keunggulan dan karakter jati diri kita sebagai bangsa dengan kekayaan budaya yang tidak tertandingi," ujar Kepala Negara.

Dan dalam kesempatan itu, Presiden pula memuji sejumlah karya yang mendapat pengakuan di berbagai festival film dunia. Para sineas tetap berkarya meski di tengah pandemi COVID-19.

"Ini sangat luar biasa. Sekali lagi saya sangat mengapresiasi," ucap Jokowi.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya