Komisi I DPR Minta Seleksi Direksi LPP RRI Ditunda

Anggota Komisi I DPR Fraksi PKS Sukamta
Sumber :
  • Istimewa

VIVA – Komisi I DPR menyoroti kabar perubahan batas usia pendaftar calon Direksi Lembaga Penyiaran Publik Radio Republik Indonesia (LPP RRI). Perubahan batas usia calon direksi jadi minimal 40 tahun dinilai aneh.

Matahari Putra Prima Ditinggal Resign 3 Bosnya, Ada Apa?

Anggota Komisi I DPR, Sukamta menganggap aneh karena selama selama 7 tahun lebih berada di komisi komunikasi dan penyiaran baru kali ini ada aturan perubahan batas usia. 

"Iya ini aneh. Selama 7 tahun lebih saya menjadi mitra RRI. Selama ini baik-baik saja dan RRI selalu menunjukkan kerja yang rapi, kreatif dan bagus," kata Sukamta, Rabu, 10 November 2021.

Gelar RUPST, PT Federal International Finance Angkat Siswadi Jadi Presdir Baru

Dia menekankan untuk kali ini seperti ada yang terkesan tidak siap sehingga mengubah peraturan. "Seperti ada yang tidak siap dan kedodoran," lanjut politikus PKS itu.

Rapat Kerja Komisi I DPR dengan Panglima TNI

Photo :
  • VIVA/ Anwar Sadat
Bank BJB Bakal Tebar Dividen Rp 1 Triliun dari Laba Bersih Rp 1,7 Triliun di 2023

Pun, ia menambahkan pendaftaran untuk seleksi calon Direksi RRI juga tanpa sepengetahuan Komisi I DPR selaku mitra. "Kami juga tidak tahu kalau ada pendaftaran direksi RRI," tutur Sukamta.

Bagi dia, dengan perubahan batas usia calon Direksi RRI tak seiring dengan nasional yang saat ini RI memiliki bonus demografi. "Itu dia. Aneh juga kok perubahannya makin menua bukan makin akomodatif terhadap yang lebih muda," ujarnya.

Maka itu, ia meminta agar Dewan Pengawas (Dewas) dan tim Panitia Seleksi atau Pansel sebaiknya menunda proses seleksi direksi TVRI. Ia khawatir perubahan batas umur nanti jadi polemik

"Sebaiknya tunda dulu. Dewas harus jawab pertanyaan kami terlebih dahulu soal teknis dan tata cara penjaringan," sebut Sukamta.

Sebelumnya, Wakil Ketua Komisi I DPR RI Abdul Kharis Almasyhari mengaku kaget dengan batasan umur minimal terkait calon LPP RRI. Dia mengaku tak ada kabar dan informasi soal perubahan umur ini. "Saya belum tahu, dan tidak diberi tahu," ujar Abdul saat dihubungi, Selasa, 9 November 2021.

Kharis mengatakan, sejak Komisi I DPR memilih Dewas RRI yang baru, pihaknya sejauh ini belum pernah menerima laporan, konsultasi maupun koordinasi. 

"Kalau dulu nih, setiap tahapan seleksi selalu dikonsultasikan atau dilaporkan ke Komisi I DPR, nah yang ini kami malah tidak tau," ujarnya.

Penjaringan seleksi calon Direksi LPP RRI jadi perhatian. Hal ini dimulai dari link pendaftaran yang sulit diakses publik padahal pendaftaran calon akan ditutup pekan ini. Selain itu, adanya syarat minimal usia 40 tahun. 

Ada perubahan batas usia pendaftar calon direksi yang awalnya 30 tahun jadi 40 tahun. Perubahan batas usia ini yang disorot dikhawatirkan kalangan milenial di bawah 41 tahun tak bisa mendaftar.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya