Geram Ada Sekolah Tak Prokes, Gibran Numpang Mobil Paspampres

Mobil Pemkot Solo (kiri) yang dipakai Gibran Rakabuming Raka.
Sumber :
  • VIVA.co.id/Fajar Sodiq

VIVA – Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming Raka masih memarkirkan mobil dinasnya di halaman SDN Nusukan Barat 113 Solo, Rabu, 10 November 2021. Kondisi itu membuat Gibran terpaksa berganti naik mobil.

Beri Selamat ke Prabowo-Gibran, Perindo Sampaikan 4 Sikap

Putra sulung Presiden Jokowi itu mulai berganti dari mobil Paspampres hingga mobil dinas lainnya milik Pemerintah Kota (Pemkot) Solo.

Gibran masih terlihat geram dengan hasil temuan sidak di SDN Nusukan Barat 113 Solo pada Selasa, 9 November 2021. Dia melihat langsung terdapat guru dan siswa yang tak pakai masker di area sekolah tersebut. Padahal, syarat utama untuk menggelar pembelajaran tatap muka itu wajib menerapkan protokol kesehatan atau prokes secara ketat.

Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Temui Presiden Jokowi di Istana

Setelah mengetahui sekolah tersebut tak taat prokes, Gibran sengaja memarkir mobil dinasnya bernomor AD 1 A yang digunakan sehari-hari di halaman sekolah itu. Lantas, ia pun harus menumpang satu dari dua mobil yang digunakan Paspampres untuk mengawalnya. 

Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka

Photo :
  • VIVA.co.id/ Fajar Sodiq (Solo)
Ibas Harap Prabowo-Gibran Penuhi Janji Politik saat Kampanye

Bahkan, pada Selasa kemarin, Gibran menumpang mobil Toyota Innova yang biasanya digunakan Paspampres. Mobil itu juga tampak parkir di depan lobi Balai Kota Solo.

Selang satu hari berikutnya, mobil yang dinaiki Gibran kembali berganti. Kali ini, bukan yang biasa digunakan Paspampres tetapi mobil Toyota Innova milik Pemkot Solo dengan pelat nomor AD 100 A. 

Ia terlihat naik mobil itu saat menghadiri upacara Peringatan Hari Pahlawan yang jatuh pada 10 November 2021 di Taman Makam Pahlawan Kusuma Bhakti Jurug Solo. Mobil itu diparkir berdampingan dengan mobil dinas Wakil Wali Kota Solo Teguh Prakosa bernopol AD 2 A.

Menurut pengakuan sopir mobil dinas wali kota, Murih bahwa mobil yang digunakannya saat ini merupakan mobil milik Pemkot Solo. Mobil itu biasanya diparkir di rumah dinas wali kota Loji Gandrung. 

“Ini mobil di Loji (rumah dinas wali kota,” kata Murih singkat kepada VIVA, Rabu, 10 November 2021.

Sementara itu, Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming Raka mengatakan mobil yang dipakai saat ini merupakan mobil milik Pemkot Solo. Namun, saat disinggung apakah mobil tersebut yang biasanya dipakai istrinya Selvi Ananda, ia menegaskan tidak. 

“Ini mobilnya Pemkot. Kalau Camry lagi dibawa Ketua PKK (Selvi),” ucapnya.

Disinggung sampai kapan mobil dinasnya diparkir di sekolah, ia enggan menyebutkan sampai kapan. Gibran terlihat masih kesal dengan apa yang ditemuinya saat sidak Selasa pagi kemarin. 

Maka itu, ia berpesan kepada sekolah yang menggelar pembelajaran tatap muka untuk menaati protokol kesehatan dengan ketat.

“Sekolah-sekolah di Solo harus sadar, anak-anak muridnya itu pada belum divaksin semua terutama yang SD itu lho. Simpel banget, ngajar nggak pakai masker dan muridnya meniru gurunya,” kata dia dengan nada kesal.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya