Jenderal Polisi, Ingat Perintah Kapolri soal Ini

Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo
Sumber :
  • dok Polri

VIVA – Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo memimpin upacara serah terima jabatan (sertijab) sejumlah perwira tinggi (pati) Polri, salah satunya Kepala Badan Intelijen dan Keamana (Kabaintelkam) Polri Komjen Ahmad Dhofiri di Gedung Rupatama Mabes Polri pada Rabu, 10 November 2021.

Pensiunan Jenderal Bintang 4 Berinisial B Terseret Kasus Korupsi Rp271 T, Siapa Dia?

Sigit meminta kepada seluruh perwira yang dilantik supaya lebih peka dan mampu melaksanakan mapping di lapangan dengan baik untuk menentukan langkah mulai dari preemtif hingga represif, dalam menjaga situasi keamanan dan ketertiban masyarakat tetap aman, damai dan kondusif.

Maka dari itu, Sigit menyampaikan ungkapan kepada jajarannya bahwa jangan padamkan api pada saat api besar, tapi padamkan api ketika masih kecil. Dengan kata lain, Sigit berharap jajaran Polri bisa bergerak cepat untuk segera meminimalisir hal yang tidak diinginkan terjadi.

Helikopter Militer Kenya Jatuh, Jenderal Ogolla Menjadi Korban

Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo.

Photo :
  • VIVA/Edwin Firdaus

"Jangan padamkan api, pada saat api besar. Padamkan api saat masih kecil. Ini bisa dilakukan kalau kita jeli dan bisa melihat di lapangan. Kita mampu melaksanakan monitoring, langkah dan evaluasi yang benar serta ini menjadi tugas bagi kita semua," kata Sigit.

Asal-usul Pelat Dinas TNI Palsu Fortuner Pengemudi Arogan yang Ngaku Adik Jenderal

Menurut dia, ungkapan ini mengingat belakangan muncul fenomena pelanggaran oknum anggota kepolisian hingga menjadi viral ditengah masyarakat melalui media sosial. Tentu, perbuatan oknum itu berdampak kepada personel lain yang sudah bekerja keras dan baik dalam bertugas.

"Di sini saya ingatkan, bahwa akhir-akhir ini kita menghadapi fenomena dan menjadi keprihatinan kita, muncul banyak viral penyimpangan anggota. Tentu ini berdampak pada rekan-rekan yang sudah bekerja keras, sehingga hasilnya dirasakan masyarakat," ujarnya.

Oleh karena itu, Sigit mengingatkan kepada Pati Polri yang baru dilantik agar kedepan peristiwa seperti ini tidak terjadi lagi dilakukan oleh oknum-oknum anggota di wilayah masing-masing.

Caranya, kata dia, perwira Polri harus menjadi pimpinan yang patut dicontoh agar tidak ragu memberikan hukuman dan tindakan tegas kepada oknum yang melanggar.

"Kita bisa tegas kalau kita menjadi teladan yang baik. Kita ragu apabila tidak menjadi teladan. Potensi penyimpangan harus diperbaiki, apakah pemahamannya yang keliru sehingga harus rubah mindsetnya. Jangan memberi beban yang berpotensi penyimpangan," jelas mantan Ajudan Presiden Joko Widodo ini.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya