Jokowi Cerita Pemimpin Dunia Cari Dirinya saat KTT G20 dan COP26

Presiden Jokowi di KTT G20
Sumber :
  • Biro Pers Sekretariat Presiden

VIVA – Presiden Joko Widodo atau Jokowi  mengungkapkan cerita semasa mengikuti Konferensi Tingkat Tinggi yang baru saja dijalaninya belum lama ini di dua negara. Jokowi bilang, ada yang berbeda saat dia hadir dua acara yakni KTT G20 Roma dan KTT Perubahan Iklim di Glasgow. Indonesia, kata Presiden Jokowi, menjadi perhatian dunia. 

JK Sebut Golkar Partai Terbuka, Tak Masalah Jika Jokowi-Gibran Gabung

“Ada saya rasakan yang berbeda kalau dibandingkan dengan summit dan KTT- KTT sebelumnya di pertemuan itu,” kata Jokowi saat hadir dalam Ulang Tahun Partai Nasdem ke-10 di Jakarta, Kamis 11 November 2021. 

“Banyak sekali permintaan bilateral, banyak sekali permintaan pertemuan bilateral dari negara- negara lain, negara- negara yang hadir saat itu,” sambung Jokowi. 

Moeldoko: Otonomi Daerah Harus Lanjutkan Pembangunan Visi Jokowi

Kepala Negara bilang, para pemimpin pemerintahan maupun negara yang meminta bertemu dengannya atau setingkat kabinet bukan datang dari negara berkembang atau miskin. Mereka sejumlah negara maju datang dengan berbagai kepentingan karena posisi starategis Indonesia saat ini. 

“Datang kepada saya dan itu adalah negara-negara gede, negara-negara besar. Kepala negara yang datang. Ini ada apa? Perbedaan itu yang saya rasakan,” ujaranya.

Bakal Hijrah ke IKN, Presiden Prabowo dan Wapres Gibran Pakai Mobil Dinas Listrik?

Presiden menyadari, posisi yang kini dipegang pada keketuan atau presidensi G20 tahun depan sekaligus menjadikan Indonesia sebagai tuan rumah. Namun lebih dari itu, ia melihat juga dan perlu digarisbawahi Indonesia menjadi pertama negara berkembang yang menjabat presidensi G20.  

“Posisi strategis seperti ini harus kita manfaatkan sebaik-baiknya. Karena betul- betul kita duduk setara dengan negara- maju, bagaimana kita bisa mendongkrak, bagaimana kita bisa memanfaatkan posisi ini utk kepentingan nasional kita. Tidak ada yang lain,” ucap Jokowi. 

Baca juga: Motor Custom RI 1 Tiba di Lombok, Jokowi Siap Jajal Sirkuit Mandalika

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya