Pertamina Klaim Kebakaran Tangki Cilacap Berhasil Dipadamkan

Kebakaran di kilang Pertamina Cilacap Sabtu malam, 13 November 2021.
Sumber :
  • Antara

VIVA – PT Pertamina memastikan, kebakaran tangki di area Kilang Cilacap berhasil di padamkan. Kobaran api disebut berhasil dipadamkan dan kini tengah dalam proses pendinginan.

PYCH Binaan BIN Buat Kegiatan Rutin di Papua: Pengembangan Wisata hingga Usaha

"Alhamdulillah, [berdasarkan] informasi, pukul 23.05 tadi, api sudah terkendali dan terus dilakukan pendinginan," kata Corporate Secretary PT Kilang Pertamina Internasional Ifki Sukarya kepada VIVA, Minggu, 14 November 2021.

Ifki pun menekankan, kebakaran tangki yang terjadi malam kemarin berbeda lokasi dengan kebakaran kilang di Cilacap yang terjadi 11 Juni 2021. Sebab, yang terbakar kini adalah tangki Pertalite, bukan kilang berisi benzene. 

Tersambar Petir, Bangunan Saung Bambu Mang Eking di Tangerang Terbakar

Meski demikian, dia memastikan, yang terpenting saat ini adalah kondisi masyarakat sekitat kilang. Mereka, menurut Ifki, sudah mulai berangsur pulang ke rumah masing-masing setelah kobaran api berhasil dikendalikan.

Belum ada kabar lanjutan mengenai penyebab kebakaran tangki itu. Para saksi pun mengungkapkan bahwa kebakaran di area kilang terjadi pada saat kondisi hujan lebat di kawasan.

Arus Mudik dan Balik Lebaran 2024, Konsumsi Pertamax Series Naik 9 Persen

Kebakaran tangki di area kilang PT Kilang Pertamina Internasional (KPI) Unit Cil

Photo :
  • ANTARA/Sumarwoto

Ifki mengungkapkan upaya pemadaman di area kilang telah dilakukan dengan defensive fire fighting melalui fire truck dan hydrant untuk pendinginan di area sekitar tangki yang terbakar.

Untuk memastikan masyarakat dalam kondisi aman, Pertamina telah sigap melakukan evakuasi sekitar 80 warga dari Kelurahan Lomanis ke tempat pengungsian sementara di Aula Kelurahan Lomanis dan Masjid Baitul Munir, Lomanis.

Kilang Cilacap merupakan satu dari eam Kilang Pertamina, dan kapasitas pengolahan 270 ribu barel per hari. Kilang itu memiliki 228 tangki untuk menampung crude yang akan diolah, gas serta BBM hasil pengolahan minyak mentah.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya