Kilang Minyak Cilacap Terbakar, Sumur Warga Kini Tercemar

Kobaran api dari kebakaran Tangki 36 T-102, Kilang Cilacap.
Sumber :
  • ANTARA/Sumarwoto

VIVA – Telah terjadi kebakaran di Tangki Kilang Pertamina di sekitar Kelurahan Donan-Cilacap, Jawa Tengah, Sabtu, 13 November 2021 sekitar pukul 19:20 WIB. 

Bakrie Group and Pertamina Develop Research Infrastructure at IKN

Akibat kebakaran kilang minyak itu sumur warga, yang berada kurang lebih 5 kilometer dari lokasi, tercemar. Sumur mereka kini berwarna hitam akibat hembusan material kebakaran kilang itu, Minggu 14 November 2021.  

Repoter tvOne melaporkan, banyak sumur warga terdampak. Karena pada saat terjadi kilang minyak tersebut terbawa angin dan turun bersama guyuran hujan, sumur mereka jadi hitam. 

Pertamina Bentuk Satgas, Pastikan Kebutuhan Energi saat Idul Fitri Aman di Aceh

Sejauh ini, sumur warga masih kotor. Warga sangat membutuhkan akan pasokan air bersih untuk kebutuhan sehari-hari agar mereka bisa melakukan aktivitas seperti sediakala.

Namun, warga yang terdampak masih belum mendapatkan bantuan dari pihak Pemerintah Daerah setempat ataupun Pertamina. Baru pendataan sementara oleh pihak terkait.

Pertamina Jamin Produksi dan Pasokan Energi Periode Mudik Lebaran Aman, Begini Strateginya

Akibat dampak itu, sejumlah warga yang berada sekitaran lokasi kebakaran kilang minyak PT Pertamina di Cilacap mengungsi di kantor desa atau masjid.

"Ada sekitar 2 RW di sekitar lokasi kilang minyak. Ada puluhan warga yang diungsikan. Namun seiring berhasil dipadamkan sejak, tadi pagi semuanya sudah kembali ke rumah masing-masing," demikian laporan reporter tvOne.

Kilang minyak berhasil dipadamkan tadi pagi. Namun, sejumlah jalan di sekitar lokasi masih ditutup sementara.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya