Brimob akan Dipimpin Jenderal Bintang 3, Tinggal Selangkah Lagi

Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo di HUT ke-76 Brimob.
Sumber :
  • VIVA/Ridwan Putra

VIVA – Korps Brigade Mobil (Brimob) Polri bakal dijabat atau dipimpin oleh perwira tinggi (Pati) berpangkat jenderal bintang tiga atau komisaris jenderal polisi. Hal itu akan direalisasikan karena menurut Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo, satuan Brimob memiliki tantangan dan tanggung jawab yang sangat berat.

Asal-usul Pelat Dinas TNI Palsu Fortuner Pengemudi Arogan yang Ngaku Adik Jenderal

Kepala Divisi Humas Polri, Irjen Dedi Prasetyo mengatakan, rencana pimpinan Brimob dijabat oleh jenderal bintang tiga masih menunggu tindak lanjut dari Sekretaris Militer Presiden (Sekmilpres).

Saat ini jabatan Dankor Brimob diisi oleh jenderal bintang dua atau inspektur jenderal polisi. 

6 Jenderal Polisi Bintang 4 yang Berasal dari Jawa Tengah, Siapa Saja?

"Untuk rancangan keppresnya sudah diajukan menunggu tindak lanjut dari Sekmilpres," kata Dedi saat dihubungi wartawan pada Senin, 15 November 2021.

Kemudian Dedi tidak mau berandai-andai apakah ada satuan lainnya yang akan dinaikkan atau diisi oleh jenderal bintang tiga selain Brimob nantinya. Saat ini, Polri masih fokus untuk meningkatkan pangkat Brimob.

Bantu Kembalikan Uang Rp100 Juta Milik Pemudik, Aiptu Supriyanto Dapat Hadiah Sekolah Perwira

"Masih fokus ke Brimob dulu," ujarnya.

Diketahui untuk satuan yang dijabat atau dipimpin oleh jenderal bintang tiga yakni Wakapolri, Kabareskrim, Kabaharkam, Kabaintelkam, Itwasum, Kalemdiklat, Kepala BNN, Kepala BNPT, Sekretaris Utama Lemhanas, Wakil Kepala BSSN, Sekretaris Utama BIN dan Sekretaris Jenderal Kemenkumham.

Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo mengaku tengah mengembangkan korps Brimob Polri. Saat ini kata dia, sedang berproses untuk menyiapkan peningkatan status Dankor Brimob Polri menjadi jenderal bintang tiga atau komjen. Selama ini pemimpin satuan itu dijabat oleh jenderal bintang dua atau irjen.

Menurut dia, pengembangan organisasi itu dilakukan lantaran korps Brimob dewasa ini memiliki tanggung jawab dan tantangan yang semakin berat dan kompleks.

Tak hanya itu demi menjawab segala tantangan, nantinya akan ditambah pula jumlah personel Brimob di Indonesia bagian tengah, bagian timur, bagian barat dan DKI Jakarta sebagai ibu kota negara.

"Saat ini sedang berproses. Korbrimob dengan pengembangan ini akan kita tingkatkan, kita dorong untuk tambahan beberapa bintang. Dan juga Dankor Brimob kita tingkatkan menjadi bintang tiga karena tugas dan tanggungjawabnya semakin berat," ucap Listyo dalam acara HUT korps Brimob ke-76 pada Minggu, 14 November 2021.
 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya