Pasukan Elite Polri Mau Punya Markas Baru

Tim gegana Brimob
Sumber :
  • Istimewa

VIVA – Kepala Bagian Penerangan Umum Divisi Humas Polri, Kombes Ahmad Ramadhan mengatakan Polri akan membangun Markas Komando atau Mako Brimob baru. Sebab, pasukan elite Polri ini rencana akan dipimpin atau dijabat oleh perwira tinggi (Pati) Polri berpangkat jenderal bintang tiga atau Komisaris Jenderal Polisi.

Soal Bentrok TNI AL dengan Brimob di Pelabuhan Sorong, Kapolri: Sudah Berangkulan

“Tentunya kita akan tindak lanjuti seperti itu ya (membangun Mako baru),” kata Ramadhan di Mabes Polri pada Senin, 15 November 2021.

Selain itu, Ramadhan mengatakan Polri akan menyiapkan sisi manajemen mulai dari manajemen sumber daya manusia (SDM), money atau anggaran, material atau logistik dan metodenya.

TNI dan Polri Minta Maaf kepada Masyarakat atas Bentrok Prajurit AL dan Brimob di Sorong

Ilustrasi Brimob

Photo :
  • VIVA / Willibodus (Jakarta)

“Itu otomatis akan diikuti. Kita akan ikuti dan tentunya akan berkembang,” ujarnya.

KSAL Klaim Perselisihan Prajurit TNI dan Oknum Brimob di Sorong Berakhir Damai

Menurut dia, perubahan susunan organisasi dan tata kerja Kepolisian (SOTK) Korps Brimob ini sebagai upaya untuk meningkatkan pelayanan terkait tugas pokok Polri yakni melindungi, melayani dan mengayomi masyarakat.

“Kita lihat ada Brimob nusantara, sehingga ketika diperlukan pengamanan suatu objek, kita akan mengirim,” jelas dia.

Nantinya, kata dia, rencana Dankor Brimob Polri dijabat oleh perwira tinggi berpangkat jenderal bintang tiga atau Komisaris Jenderal. Saat ini, Dankor Brimob dijabat jenderal bintang dua atau Inspektur Jenderal.

Kemudian, Wakil Dankor Brimob kedepan dijabat oleh Pati Polri berpangkat Inspektur Jenderal atau jenderal bintang dua. Sementara, anggota Brimob berpangkat Brigadir Jenderal atau jenderal bintang satu nanti ada enam orang.

“Mereka menjabat 2 jabatan kepala biro, dan ada Danpas Brimob 1, 2, 3. Danpas Brimob 1 untuk wilayah barat, Danpas Brimob 2 di wilayah tengah, dan Danpas Brimob 3 untuk wilayah timur. Kita tunggu saja, masih proses,” ucapnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya