Jawaban Gibran Rakabuming soal Masih Rangkap Jabatan Jadi Komisaris

Gibran Rakabuming Raka
Gibran Rakabuming Raka
Sumber :
  • VIVA/Fajar Sodiq

VIVA – Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka santai menanggapi informasi yang menyebutkan dirinya merangkap jabatan sebagai komisaris utama di perusahaan PT Wadah Masa Depan. Juga disebut sebagai pengurus serta pemegang saham di PT Siap Selalu Mas.

“Saya itu udah lama sekali tidak aktif. Ya setelah pencalonan itu kan tidak aktif. Ya kita kan masih berproses administrasi nanti ta' perbaiki. Tapi yang jelas saya sudah enggak aktif,” kata Gibran ketika ditemui wartawan di Kelurahan Joglo, Kecamatan Banjarsari, Solo, Jawa Tengah pada Selasa, 16 November 2021.

Lantas putra sulung Presiden Jokowi itu pun meminta untuk menanyakan kepastian kepada adiknya Kaesang terkait apakah selama ini masih aktif menjalani kegiatan di perusahaan itu. Ia pun menegaskan bahwa jauh sebelum menjabat sebagai Wali Kota Solo memang dirinya sudah tidak aktif.

“Takono (tanya) Kaesang sing aktif kan Kaesang. Tanda tangan-tanda tanganku kan wis ora payu. Itu sudah lama sebelum pencalonan,” ujarnya.

Bapak dua anak itu menambahkan bahwa perusahaannya tersebut dirintis sebelum dia terjun ke politik sebagai calon wali kota pada Pilkada Solo lalu. 

“Itu kan sesuatu yang saya rintis dari dahulu dan semuanya sudah enggak aktif,” kata dia.

Gibran sendiri memang tidak membantah terkait kepemilikan saham di dua perusahaan itu. Namun kata dia selain sudah tidak aktif, ia mengaku kalau ada kunjungan ke Jakarta sudah tidak lagi mampir ke kantor perusahaan yang dirintisnya itu. Semua urusan bisnis sudah diserahkan kepada adiknya Kaesang Pangarep.