Ada Material Longsor di Sibolangit, Jalan Medan-Karo Ditutup Sementara

Ilustrasi perbaikan longsor.
Sumber :
  • Zahrul Darmawan

VIVA – Petugas gabungan tengah melakukan pembersihan material longsor di Jalan Jamin Ginting Km 50, Desa Bandarbaru, Kecamatan Sibolangit, Kabupaten Deli Serdang, Sumatera Utara, Selasa malam, 16 November 2021.

Lebaran 2024, KAI Bandara Medan Mengangkut 102.502 Penumpang

Proses pembersihan material longsor dengan menurunkan alat berat. Kemudian, petugas Satuan Lalulintas Polrestabes Medan menutup sementara akses jalan Kota Medan menuju Kabupaten Karo atau sebaliknya.

"Saat ini alat berat tengah bekerja memindahkan material longsoran dan memangkas atau mencincang kayu-kayu yang ikut terbawa longsoran," ucap Kepala Satuan Lalulintas Polrestabes Medan, AKBP. Sonny Siregar, Selasa malam.

Bobby Nasution akan Jalin Komunikasi dengan NasDem dan PKB untuk Pilgub Sumut

Sonny menjelaskan penutupan jalan dilakukan mulai dari Simpang Pos, Simpang Selayang, Simpang Tuntungan, Kota Medan hingga di depan Mako Polsek Pancur Batu. Tepatnya, dari Medan menuju Kabupaten Karo.

Kemudian, jalur sebaliknya dari Kabupaten Karo menuju Kota Medan juga ditutup. Pihak Satlantas Polrestabes Medan berkoordinasi dengan Satlantas Polres Karo. 

Kantongi Surat Tugas Maju Pilgub, Bobby Nasution: Tak Perlu Daftar Lagi ke Golkar Sumut

Penutup jalan sementara ini, untuk mempercepat proses pembersihan material longsor. Sehingga akses jalan yang tertutup bisa secepatnya normal kembali, dan segera dapat dilalui kendaraan bermotor. 

"Kami juga mengamankan jalur dan mengimbau masyarakat di sekitaran lokasi agar menjauh dari TKP," tutur Sonny. 

Sonny menyampaikan kondisi di lokasi bencana alam itu gelap karena tidak ada penerangan lampu. Ditambah lagi, cuaca masih hujan. Sedangkan, longsor terjadi pada petang tadi, sekitar pukul 17.45 WIB.

"Tidak hanya itu, jaringan komunikasi tidak ada sehingga menyulitkan komunikasi dan pengiriman data. Petugas di lokasi sedang dalam pembersihan material yaitu dari unsur pemerintah dan masyarakat setempat," kata Sonny.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya