Material Longsor Dibersihkan, Jalur Medan-Karo Dibuka Kembali

Jalur Medan-Karo dibuka kembali usai dilanda longsor.
Sumber :
  • VIVA.co.id/ Putra Nasution (Medan)

VIVA – Longsor di Jalan Jamin Ginting, KM 50 di Desa Bandar Baru, Kecamatan Sibolangit, Kabupaten Deli Serdang sempat menutup jalur Medan-Karo. Saat ini, setelah material longsor dibersihkan, jalur tersebut sudah bisa dilalui kendaraan bermotor kembali. 

BNPB Sebut Alih Fungsi Hutan Memperparah Dampak Longsor di Bandung Barat

Kepala Satuan Lalu Lintas Polrestabes Medan Ajun Komisaris Besar Polisi Sonny Siregar mengatakan, proses pengerjaan dilakukan sejak tadi malam dengan menurunkan alat berat, sudah selesai dikerjakan.

"Pekerjaan pembersihan material longsor sudah selesai dan arus dua arah telah dibuka," ujar Sonny kepada wartawan, Rabu pagi, 17 November 2021.

Misteri Hilangnya Dusun Legetang di Kawasan Dieng, Ratusan Jiwa Terkubur Hidup-hidup

Meski jalur sudah normal, Sonny mengatakan, pihaknya tetap menyiagakan petugas untuk mengatur lalu lintas di lokasi bencana alam itu. Kemudian, mengantisipasi terjadi longsor susulan.

"Beberapa personel dan alat berat masih di-standby-kan di dekat lokasi untuk antisipasi ada longsoran baru," ujar Sonny.

Korban Meninggal akibat Banjir dan Longsor di Bandung Barat Bertambah Jadi 4 Orang

Jalur Medan-Karo dibuka kembali usai dilanda longsor.

Photo :
  • VIVA.co.id/ Putra Nasution (Medan)

Sebelumnya, longsor terjadi di jalur Medan-Brastagi Km 50+600 Desa Bandar Baru, Sibolangit, pada Selasa petang, 16 November 2021, sekitar pukul 17.45 WIB. Longsor tersebut terjadi karena hujan deras terjadi di kawasan tersebut yang menyebabkan dinding tebing longsor. 

Petugas gabungan yang menerima informasi tersebut langsung ke lokasi untuk melakukan evakuasi dan pembersihan material longsor. 

Saat pembersihan material longsor itu, arus lalu lintas Medan-Brastagi dan sebaliknya juga sempat ditutup sementara. Bahkan, petugas juga mengimbau masyarakat dan pengendara kendaraan untuk memutar balik arah agar tidak melintas di lokasi longsor.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya