Terdakwa Kasus Penipuan 'Panggil Nyi Roro Kidul' Divonis Bebas

Terdakwa kasus penipuan Siska Sari W Maulidhina divonis bebas
Sumber :
  • VIVA / Putra Nasution (Medan)

VIVA – Siska Sari W Maulidhina, terdakwa kasus penipuan sebesar Rp 4 miliar dengan korban anggota DPR RI Rudi Hartono Bangun, ternyata menerima vonis bebas di Pengadilan Negeri (PN) Medan, Rabu 17 November 2021.

Helikopter Militer Kenya Jatuh, Jenderal Ogolla Menjadi Korban

Kasus ini seolah beraroma mistis, terdakwa mengklaim bisa memanggil jin Ratu Pantai Selatan 'Nyi' Roro Kidul. Ironisnya, korbannya merupakan politisi partai Nasdem. Putusan itu, dibacakan majelis hakim diketuai oleh T Oyong. 

"Menyatakan Terdakwa Siska Sari W Maulidhina, terbukti melakukan perbuatan yang didakwakan kepadanya, akan tetapi perbuatan tersebut bukan merupakan tindak Pidana. Melepaskan Terdakwa dari segala tuntutan Hukum (Ontslaag van Alle Rechtsvervolging)," sebut Oyong.

Kondisi Mengenaskan 5 Korban Kebakaran Toko Frame Mampang Jakarta Selatan

Kasus hukum yang disidangkan di pengadilan (foto ilustrasi).

Photo :
  • ANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay

Atas putusan tersebut, Jaksa Penuntut Umum (JPU) menyatakan kasasi. Sebelumnya, terdakwa Siska merupakan 1 dari 2 terdakwa penipuan beraroma mistis dituntut oleh JPU, Rahmi Shafrina menuntut agar Siska dihukum 10 tahun penjara dan denda Rp2 miliar subsidair 6 bulan kurungan. 

Kebakaran Toko Bingkai di Mampang, Polisi Sebut Ada 7 Orang Terjebak di Lokasi

JPU menilai wanita cantik ini, bersalah sebagaimana diatur dalam Pasal 378 KUHPidana jo Pasal 55 (1) ke–1 KUHPidana dan Pasal 3 UU No 8 Tahun 2010 tentang Pencegahan dan Pemberantasan Tindak Pidana Pencucian Uang (PPTPPU).

Mengutip dakwaan JPU menyebutkan terdakwa yang merupakan warga Jalan Melati Raya Blok VII, Lingkungan VIII, Kelurahan Helvetia / Komplek Perumahan Lexus Jalan Beringin VIII, Kecamatan Medan Helvetia, Kota Medan itu bercerita tentang kakek buyutnya pernah menikah dengan Ratu Pantai Selatan 'Nyi' Roro Kidul, sering disebutnya Uti.
 
Seiring berjalannya waktu, Siska yang mengaku memiliki indera keenam (indigo), Februari 2017 mengirim pesan (chat WhatsApp/WA) ke saksi korban Rudi seolah sedang diincar oleh penyidik Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) karena memiliki 6 item kesalahan. 

Terdakwa kemudian berhasil meyakinkan wakil rakyat tersebut agar dibantu supaya luput dari incaran KPK. Yakni dengan bantuan jin milik 'Nyi' Roro Kidul.

Namun saksi korban harus memenuhi syarat ritual yakni mencari tumbal bayi merah. Merasa tidak sanggup, terdakwa kemudian memberikan solusi yakni menyediakan sejumlah ayam hitam sebagai penggantinya (tumbal) yang dihargai Rp7 juta per ekor.

Dengan dalih keperluan ritual, saksi korban Rudi Hartono pun dimintai uang baik secara transfer maupun cash alias kontan. Di awal, terdakwa meminta agar korban mengirimkan uang ke rekening rekannya Halim Wijaya (berkas penuntutan terpisah dan telah divonis bebas di PN Medan-red) dengan alasan rekening banknya sedang diawasi aparat penegak hukum.

Selain ke rekening Halim ada juga diambil tunai ke rumah saksi korban melalui sekuriti saksi korban, Samuel Aritonang sebanyak 10 kali di Jalan Kapten Muslim Komplek Mutiara, Kota Medan. Ada juga transferan uang ke rekening bank atas nama Gunawan Ananta, juga ayah terdakwa.

Bahkan pada Maret 2018, terdakwa selalu meminta saksi korban untuk mengirimkan sejumlah uang dengan alasan membantu saksi korban agar tidak lagi menjadi target KPK. Karena kehabisan uang, saksi korban menjualkan 1 unit mobil Toyota Land Cruiser Nopol BK 1000 GI warna hitam dengan nilai sekitar Rp800 juta kepada saksi Benny di Jalan Nibung Medan.

Wakil rakyat itu mengalami kerugian Rp4 miliar lebih. Dia juga sempat membujuknya agar uang yang pernah diberikan dikembalikan. Malah terdakwa memblokir nomor WhatsApp (WA) saksi korban. Kasus tersebut kemudian dilaporkan ke Mapolda Sumut.

Dalam kasus ini, Halim Wijaya sudah terlebih dahulu divonis bebas oleh majelis hakim yang diketuai Merry Dona. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya