Muktamar NU di Lampung Ditunda

Ilustrasi/Lambang NU (Nahdlatul Ulama)
Sumber :

VIVA – Muktamar Nahdlatul Ulama ke-34 yang akan digelar pada 23-25 Desember 2021 di Pondok Pesantren Darusaadah Kabupaten Lampung Tengah, Provinsi Lampung, ditunda. 

KPK Sebut Prabowo Subianto Tak Perlu Setor Nama-Nama Calon Menterinya

Alasannya, saat ini pemerintah sedang memperkuat Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) di setiap daerah pada libur natalan dan akhir tahun. Pemerintah juga mewaspadai adanya gelombang ketiga kasus COVID-19 di Indonesia. 

"Kita ngikutin aturan, faktanya pemerintah kasus COVID-19 akan naik lagi," kata Ketua Pengurus Besar Nahdlatul Ulama, Kiai Marsudi Suhud saat dikonfirmasi VIVA di Jakarta, Rabu, 18 November 2021. 

Rektor UNU Gorontalo Diduga Lecehkan 12 Mahasiswi, Dosen dan Staf di Kampus

Maka, panitia akan melakukan rapat dalam waktu dekat ini untuk menentukan tanggal yang tepat melakukan kegiatan Mukmatar NU tersebut. 

"Kita tunduk pada aturan pemerintah. Maka pemerintah memberi opsi. Opsinya bisa dilakukan sebelum 20 Desember atau setelah tanggal 2 Januari 2022," ujarnya.

Gus Baha Ingatkan Semua Orang Agar Ingat Mati Tapi Tetap Semangat Hidup

Kendati ditunda, ia menuturkan persiapan kegiatan Muktamar NU terus dilakukan agar lebih matang lagi, baik kesiapan lokasi acara maupun lainnya. Sayangnya, Marsudi tidak menyebutkan secara rinci siapal calon yang bakal maju sebagai kandidat Ketua Umum PBNU mendatang.

"Pencalonannya nanti di muktamar model enggak kaya di KPU. Nanti calonnya dimulai pertama pilihan bakal calon ketemu sama siapa," tambahnya. 

Seperti diketahui, ada dua nama calon kuat yang bakal maju di Muktamar ke-34 NU di Lampung, yakni petahana KH Said Aqil Siradj dan Katib Aam KH Yahya Cholil Staquf. Soal pencalonan ini, kedua calon sama-sama sudah menyatakan kesiapannya maju sebagai Ketua Umum PBNU berikutnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya