Kemenag Imbau Umat Islam Salat Gerhana Bulan, Ini Waktunya

Gerhana Bulan Sebagian.
Sumber :
  • Instagram/@lephotoomsk

VIVA – Kementerian Agama mengimbau kepada umat muslim untuk melaksanakan Salat Gerhana pada hari ini. Berdasarkan data astronomi, pada Jumat, 19 November 2021, terjadi gerhana bulan sebagian (GBS) atau Khusuful Qamar yang diperkirakan akan berlangsung sejak pukul 17:47 WIB.
 
"Kami mengimbau kaum muslimin agar melakukan Salat Gerhana, tentu dengan tetap menerapkan protokol kesehatan," kata Dirjen Bimas Islam Kamaruddin Amin di Jakarta, Jumat, 19 November 2021.

Kemenag Pastikan 75.572 Visa Jemaah Haji Reguler Indonesia Sudah Terbit

Menurutnya, sesuai tuntunan Nabi Muhammad SAW, umat Islam dianjurkan melakukan salat gerhana, walaupun dalam posisi gerhana bulan sebagian. Selain itu, umat Islam juga dianjurkan memperbanyak zikir, doa, istighfar, taubat, sedekah, dan amal-amal kebajikan lainnya. 

"Mempertimbangkan waktu terbit bulan di masing-masing daerah, maka Salat Gerhana bisa dilakukan pada rentang setelah Salat Maghrib sampai selesai Gerhana sesuai dengan waktu di atas," ujar Kamaruddin.

Penghulu dan Penyuluh Dilibatkan Sebagai Aktor Resolusi Konflik Berdimensi Agama

"Doakan agar pandemi ini segera berakhir. Doakan juga untuk keselamatan bangsa dan negara," lanjutnya.

Sebelumnya, gerhana bulan parsial terlama akan terjadi pada Jumat hari ini, 19 November 2021 sejak 580 tahun silam. Gerhana Bulan sebagian ini akan mendekati gerhana total di mana lebih dari 97 persen Bulan Purnama berubah menjadi rona merah oleh bayangan Bumi. 

Kemenag Berikan Bantuan untuk Pendidikan Islam dan Pesantren: Simak Syarat dan Ketentuannya

Pada puncaknya hanya sebagian kecil Bulan di sudut kiri bawah yang akan tetap menyala. Meskipun ini bukan Gerhana Bulan pertama pada tahun ini, peristiwa tersebut akan menjadi fenomena alam yang spesial. 

Seluruh peristiwa akan berlangsung selama lebih dari enam jam dan satelit alami Bumi itu akan menghabiskan waktu 3 jam 28 menit 24 detik melewati bagian tergelap bayangan Bumi (umbra) yang menjadikannya Gerhana Bulan parsial terpanjang sejak 1441 dan terpanjang di abad ini. 

Sebagian wilayah Indonesia akan mengalami Gerhana Bulan sebagian yang puncaknya akan terjadi pada pukul 16.02 WIB/17.02 WITA/18.02 WIT. Sedangkan puncak gerhana akan terjadi beberapa menit saja setelah puncak fase purnama yang terjadi pada pukul 15.57 WIB/16.57 WITA/17.57 WIT. 

"Di Indonesia, hanya daerah Papua saja yang durasi Gerhana Bulan sebagian paling lama, yaitu 2 jam 20 menit sejak Bulan terbit. Sementara bagian Barat Indonesia tidak bisa mengamati puncak Gerhana Bulan sebagian," ungkap Lembaga Penerbangan Nasional (LAPAN) dalam postingan Instagram, Jumat, 19 November 2021.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya