WSBK Mandalika Dorong Pulihkan Ekonomi Warga Lokal saat Pandemi

Produk UMKM di Mandalika.
Sumber :
  • Satria Zulfikar/VIVA.

VIVA – Ajang balap bergengsi World Superbike (WSBK) di Mandalika International Street Circuit, Kabupaten Lombok Tengah, Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB) hari ini, Jumat 19 November 2021 dibuka. 

Kemenkominfo Mengadakan Kegiatan Talkshow "Etika Pelajar di Dunia Digital"

Mandalika International Street Circuit menjadi tuan rumah menjadi magnet luar biasa bagi Indonesia. Terutama memulihakan sektor pariwisata dan ekonomi kreatif di tengah pandemi COVID-19. Diketahui kawasan Mandalika masuk 5 Destinasi Super Prioritas (DSP) menjadi salah satu program prioritas pemerintah pada 2021. 

Presiden menetapkan Mandalika sebagai tuan rumah dalam berbagai penyelenggaraan event internasional, di antaranya World SuperBike (WSBK) 2021, MotoGP 2022, dan L’Etape Indonesia by Tour de France (2022).

Mobil-mobil JDM Bakal Ramaikan Sirkuit Mandalika

Untuk mendukung itu, Kementerian Komunikasi dan Informasi (Kemenkominfo) ikut serta dengan mendorong penguatan ekonomi bersama di destinasi pariwisata Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Mandalika, Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat (NTB) untuk warga setempat.

“Destinasi pariwisata Mandalika yang telah ditetapkan menjadi program strategis nasional dapat menumbuhkan ekonomi kreatif warga lokal,” kata Dirjen Informasi dan Komunikasi Publik Kemkominfo, Usman Kansong.

Kemenkominfo Mengadakan Kegiatan Talkshow "Promosi Budaya Indonesia Lewat Konten Digital"

Pembalap WSBK, Michael van der Mark

Photo :
  • instagram.com/michaelvdmark

Menurutnya, program tersebut diharapkan dapat membantu pemulihan sektor pariwisata dan ekonomi kreatif yang ada di wilayah tersebut.

“Ekonomi kreatif untuk menjadi lokomotif dalam menciptakan lapangan pekerjaan, terutama untuk sektor yang banyak menyerap dan menggerakkan ekonomi,” katanya.

Usman Kansong juga menjelaskan, Kemkominfo sangat mendukung pelaksanaan WSBK dan berupaya memastikan jaringan internet yang lancar dengan menyiapkan infrastruktur komunikasi yang memadai untuk kenyamanan selama acara itu berlangsung.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya