Puncak Gerhana Bulan Sebagian Terlihat Jelas di Langit Papua

Gerhana bulan sebagian dilihat dari Jayapura.
Sumber :
  • VIVA/ Anwar Sadat.

VIVA - Peristiwa gerhana bulan parsial terjadi pada hari ini Jumat, 19 November 2021. Peristiwa ini hanya dapat dilihat di wilayah Indonesia bagian timur.

Jayabaya Ramal Kemunculan Gempa Besar hingga Renggut Korban Jiwa, Begini Terjemahannya

Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) menyiarkan langsung peristiwa gerhana bulan sebagian ini dari Ternate. Dalam siaran di akun Youtube tersebut terlihat peristiwa gerhana bulan sebagian di wilayah Ternate ini terjadi pada Jumat malam.

Pengamatan gerhana bulan sebagian dari Manado oleh BMKG

Photo :
  • Twitter BMKG
Gerhana Matahari Total Bakal Hadir di Indonesia, Cek Jadwalnya

Terlihat Jelas

Sementara itu, puncak gerhana bulan sebagian terlihat jelas di langit Manokwari, Papua Barat, Jumat malam. Gerhana terlihat jelas sejak bulan terbit sekitar pukul 18.10 WIT.

Eropa Siapkan Proyek Gerhana Matahari Buatan, Buat Apa?

Menurut BMKG, di wilayah Papua memang menjadi wilayah yang melihat puncak gerhana bulan sebagian ini. Sementara yang lain hanya dapat melihat fase akhirnya saja.

"Puncaknya hanya teramati di Papua, bagian lain hanya bisa melihat fase akhirnya saja," dituliskan BMKG di akun YouTube.

Baca juga: Gerhana Bulan Sebagian Kurang Jelas di Langit Jawa, Netizen Sedih

Merasa Takjub

Dari kolom komentar di akun Youtube BMKG, banyak warganet yang merasa takjub dengan fenomena alam tersebut. Bulan terlihat sangat terang pada sebagian sisinya dan membuat bulan lain daripada hari-hari biasanya.

Tetapi ada juga warganet yang merasa kecewa karena tak bisa melihat peristiwa alam tersebut. Rata-rata dari mereka adalah masyarakat yang berada di wilayah Indonesia barat yang tidak dapat menyaksikan dengan jelas fenomena alam tersebut.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya