Cegah Gelombang Ketiga, Intelijen Negara Gempur Vaksinasi di Kalteng

BIN daerah Kalimantan Tengah gelar vaksinasi massal
Sumber :
  • Istimewa

VIVA – Dalam rangka mendukung tercapainya herd immunity 70 persen di Indonesia khususnya di Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng), Badan Intelijen Daerah (BINDA) Kalteng menggencarkan pelaksanaan vaksinasi COVID-19.

Bus Hino RM 280 ABS Jadi Andalan di Kalimantan Tengah

Kabinda Kalteng, Brigjen TNI Sinyo mengatakan, pelaksanaan vaksinasi dilakukan sesuai perintah Kepala BIN Jenderal Pol (Purn) Budi Gunawan. Pada kali ini Binda Kalteng menargetkan jumlah sasaran sebanyak 13.600 dosis pada November dan 13.600 dosis untuk Desember, sehingga memiliki total 27.000 dosis.

“Pada 20 November ini kami lakukan vaksinasi di Kabupaten Kotawaringin Timur, Barito Timur, dan Kotawaringin Barat dengan jumlah sasaran 1.273 orang,” kata Brigjen TNI Sinyo, dikutip Sabtu, 20 November 2021.

Geger! Warga Temukan Mayat Dalam Koper Hitam di Cikarang Bekasi

Dia melanjutkan, dalam satu pekan terakhir pihaknya telah melakukan vaksinasi COVID-19 dengan capaian sebanyak 5.675 orang di enam kabupaten/kota Kalteng. Antara lain, Kota Palangka Raya, Kabupaten Lamandau, Kotawaringin Barat, Kotawaringin Timur, Barito Selatan, dan Barito Timur.

Menurutnya, Binda Kalteng memerlukan dukungan dari Dinas Kesehatan (Dinkes) dan stakeholder dalam bersama-sama mewujudkan target vaksinasi. Serta bersama-sama mencari masyarakat yang belum divaksin hingga ke pedalaman Kalteng.

Pentingnya Kesehatan di Masa Golden Age Anak, Bakal Tentukan Kondisi Masa Depan

“Tentunya kami memerlukan dukungan dari semuanya, Dinkes setempat dan stakeholder untuk mewujudkan target vaksinasi,” ucapnya.

Dia berharap agar kekebalan komunal bisa segera tercapai dan memenuhi target 70 persen sebelum prediksi terjadinya gelombang baru COVID-19 Natal dan Tahun Baru (Nataru).

Menurutnya saat ini di negara Eropa dan Asia sudah mengalami penambahan kasus seperti Jerman 60 ribu kasus per hari dan Prancis 20 ribu kasus per hari.

“Maka dari itu kami akan terus melakukan vaksinasi hingga mencapai target 70 persen. Saya berharap kekebalan komunal atau herd immunity bisa segera terbentuk,” tutupnya.

Untuk diketahui, kegiatan vaksinasi massal yang dilaksanakan Binda Kalteng memiliki sasaran para pelajar dan masyarakat umum. Selain dilakukan secara terpusat di lokasi yang telah ditentukan, vaksinasi juga menerapkan sistem jemput bola door to door.

Sebelumnya, sejak Juli hingga Oktober 2021, Binda Kalteng juga telah melaksanakan vaksinasi bagi pelajar dalam rangka mempersiapkan Pembelajaran Tatap Muka (PTM) dan door to door kepada masyarakat kurang mampu di Kalteng dengan capaian sebesar 20.324 orang.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya