Kemenkominfo Akan Kumpulkan Netizen

Dirjen Aptika Kementerian Kominfo, Semuel Abrijani Pangerapan.
Sumber :
  • Viva.co.id/Novina Putri Bestari

VIVA – Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) mengadakan program literasi digital nasional bersama GNLD Siberkreasi dengan menyasar 12,5 juta masyarakat di 514 kabupaten/kota pada 34 Provinsi Indonesia. Tujuannya, untuk membangun pengetahuan masyarakat dalam memanfaatkan teknologi.

Kemenkominfo Mengadakan Kegiatan Talkshow "Promosi Budaya Indonesia Lewat Konten Digital"

Direktur Jenderal Aplikasi Informatika Kemenkominfo, Semuel Pangerapan menjelaskan dilaksanakannya program literasi digital untuk membangun kesadaran dan pengetahuan masyarakat terhadap pemanfaatan teknologi digital, serta mengembangkan dan meningkatkan keterampilan masyarakat Indonesia di dunia digital.

Karena menurut dia, inovasi teknologi digital belakangan berkembang sangat masif dan pesat sehingga menuntun berbagai perubahan. Memang, kehadiran teknologi digital telah membawa kemudahan dan kecepatan dalam kehidupan sehari-hari. Namun, kata dia, teknologi digtal juga mendatangkan berbagai bahaya setiap penggunanya.

Syahrini Diduga Hamil, Sudah Masuk Usia 7 Bulan

"Apalagi, Indonesia saat ini sedang menjalankan agenda nasional transformasi digital yang mengimplementasikan melalui percepatan perluasan infrastruktur digital di seluruh penjuru negeri yang juga diimbangi dengan penyiapan sumber daya manusia talenta digital," kata Semuel melalui keterangannya pada Senin, 22 November 2021.

Menurut dia, program ini diimplementasikan melalui berbagai kelas, lokakarya, serta seminar baik secara luring maupun daring. Sementara, kegiatan mengacu pada empat pilar literasi digital yaitu kecakapan digital, keamanan digital, etika digital dan budaya digital.

Biasanya Jadi Panutan, Nikita Willy Kali Ini Dikritik karena Biarkan Anak Makan Sambil Ngantuk

"Nanti Kementerian Kominfo bersama seluruh mitra/jejaring akan melaksanakan puncak acara literasi digital, yaitu Netizen Fair 2021 secara serentak dan hybrid di 6 kota besar Indonesia pada 23-24 November 2021. Diantaranya Padang, Pontianak, Pekanbaru, Palu, Papua dan Bandung," jelas dia.

Guna memperkuat kapasitas talenta digital serta mewujudkan masyarakat Indonesia yang makin cakap digital, kata dia, program ini melaksanakan berbagai kegiatan secara rutin seperti kelas yang membahas berbagai fondasi yang dapat memfasilitasi transformasi digital, mulai dari infrastruktur, aplikasi, regulasi, tata kelola hingga pengembangan teknologi penunjang.

"Namun, semua ini kuncinya ada pada SDM digital. Kelas animasi dan implementasi teknologi untuk UMKM juga ada nanti," ujarnya.

Maka dari itu, Semuel mengatakan Kementerian Kominfo mengajak semua elemen masyarakat untuk segera mendaftarkan diri dan menjadi bagian dari gerakan literasi digital terbesar di Indonesia.

"Informasi lebih lanjut mengenai kegiatan LDNF 2021 dapat diakses melalui http://info.literasidigital.id atau media sosial Siberkreasi. Segera ikut andil dalam Menuju Indonesia Makin Cakap Digital bersama Kementerian Kominfo di Netizen Fair 2021!," tandasnya.

Baca juga: Cara Kemenkominfo Tingkatkan Literasi Digital

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya