Pantau Pilkades di Tapanuli Utara, Kapolda: Jangan Pada Berantem Lae

Kapolda Sumut Irjen Panca Putra Simanjuntak meninjau Pilkades di Tapanuli Utara
Sumber :
  • Istimewa

VIVA – Kapolda Sumatera Utara, Irjen Panca Putra Simanjuntak memantau pelaksanaan pemilihan kepala desa (Pilkades) serentak di Kabupaten Tapanuli Utara, Sumatera Utara pada Selasa, 23 November 2021. Menurut dia, Pilkades yang digelar di 200 desa berlangsung aman, tertib dan lancar.

Petugas Keamanan KAI Bandara Medan Temukan Uang Puluhan Juta Milik Penumpang

Ia mengimbau kepada seluruh pendukung para calon kepala desar untuk menjaga ketertiban, jangan sampai ada keributan hanya gara-gara pelaksanaan Pilkades serentak. “Para pendukung calon kepala desa jangan sampai ‘berantam ya Lae’. Karena saya yakin kalian masih ada hubungan kekerabatan,” kata Panca melalui keterangannya pada Rabu, 24 November 2021.

Menurut dia, menciptakan suasana aman dan tertib sangat penting saat pelaksanaan Pilkades. Tujuannya, supaya calon kepala desa terpilih nanti mampu mewakili seluruh masyarakat. Makanya, Pilkades ini harus disukseskan masyarakat dengan damai dan tertib. “Siapa pun pemenangnya, tidak perlu bereuforia yang berlebihan," ujarnya.

Dugaan Korupsi Rp 8 Miliar, Kejari Medan Tahan Eks Dirut RSUP Adam Malik

Kapolda Sumut, Irjen Pol RZ Panca Putra Simanjuntak saat beri keterangan pers

Photo :
  • ANTARA FOTO

Apalagi, kata dia, situasi saat ini masih pandemi COVID-19. Sehingga, para pendukung dan kepala terpilih nanti tidak menggelar kegiatan euforia berlebihan yang dapat menimbulkan kerumunan masyarakat. Menurutnya, pelaksanaan Pilkades saat ini sudah ketat menerapkan protokol kesehatan.

Kejuaraan Golf Internasional, Pj Gubernur Sumut Optimis Jadi Ajang Pembinaan Atlet

“Saya sudah cek soal penerapan protokol kesehatan, semuanya dilaksanakan. Meski COVID-19 sudah agak menurun, tidak perlu euforia," ucapnya.

Sementara, Panca menambahkan jumlah personel yang dikerahkan dari 344 personel menjadi 944 personel. Hal itu sesuai penilaian atas aspek pengamanan, sehingga empat personel kepolisian bersama TNI dan Satpol PP disiagakan mengamankan kondisi di setiap desa.

"Sebenarnya bukan penambahan, itu strategi polisi bersama TNI. Bagaimana masyarakat itu bebas dan siap untuk mengikuti pelaksanaan Pilkades," jelas dia.

Diketahui, Tapanuli Utara merupakan satu dari tujuh kabupaten/kota yang menggelar Pilkades serentak hingga Desember 2021. Pada 22 November 2021, Pilkades digelar di 85 desa Kabupaten Humbahas. Pilkades juga akan digelar di 106 desa Kabupaten Dairi pada 25 November 2021. Pada 30 November 2021, pilkades digelar di 11 desa Kabupaten Tanah Karo.

Tanggal 7 Desember 2021, pilkades serentak akan digelar di 30 Kabupaten Pakpak Bharat. Pada 15 Desember 2021, pilkades akan digelar di 41 desa Kabupaten Toba. Terakhir, pada 20 Desember sebanyak 85 desa di Kabupaten Tapteng.

Baca juga: Sebut Dirinya Gagal, Pawang Hujan Mandalika Ingin Netizen Minta Maaf

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya