Kota Medan Kebanjiran, Bobby Nasution Minta Maaf

Wali Kota Medan Bobby Nasution.
Sumber :
  • VIVA.co.id/ Putra Nasution (Medan)

VIVA – Hujan deras mengguyur Kota Medan membuat sejumlah jalan di kota Medan, Selasa malam, 23 November 2021 terendam banjir. Kemudian ratusan rumah warga juga ikut terendam air.

China Dilanda Banjir Bandang, 4 Orang Tewas dan 10 Hilang

Hujan dengan intensitas tinggi disertai petir terjadi sejak pukul 19.00 WIB dan hujan baru reda pada pukul 20.30 WIB. Sejumlah jalan pun, tergenang air seperti di Jalan Stasiun Kereta Api, jalan seputaran Lapangan Merdeka, Jalan Jawa, Jalan Gatot Subroto, Jalan dr Mansyur dan sejumlah jalan lainnya.

Berdasarkan data dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Medan banjir dirasakan warga Jalan Perjuangan Lingkungan XIII dan Lingkungan XIX Kelurahan Tanjung Rejo, Kecamatan Medan Sunggal, Kota Medan. Akibatnya, 282 Rumah terendam banjir dengan perincian 296 Kepala Keluarga, 1122 Jiwa.

Setelah Dubai, Hujan Ekstrem Diprakirakan Akan Landa Arab Saudi

Banjir merendam Kota Medan

Photo :
  • VIVA/Putra Nasution

Kemudian, banjir juga dirasakan warga di Jalan Sakura Indah  Lingkungan I, Kelurahan Tanjung Selamat, Kecamatan Medan Tuntungan, Kota Medan, Sebanyak  70 Rumah terendam banjir. Dengan perincian 70 KK, 260 Jiwa.

Anak Buah Bobby Nasution Ditunjuk Jadi Pj Bupati Deli Serdang

"Penyebab curah hujan cukup tinggi di daerah perkotaan yang menyebabkan luapan drainase air. Sehingga menggenangi pemukiman rumah warga," kata Manager Pusdalops BPBD Kota Medan, Ronald F. Sihotang, Rabu pagi, 24 November 2021.

Sementara itu, kondisi banjir di rumah warga dan di jalan di Kota Medan pagi ini, sudah mulai surut dan normal. Lanjut, Ronald mengatakan pihaknya melakukan pemantauan dan pendataan di lokasi banjir.

"Berkoordinasi dengan pihak lingkungan setempat.Memonitor perkembangan dan cuaca dari BMKG. Mempersiapkan peralatan evakuasi untuk masyarakat yang membutuhkan pertolongan.Mempersiapkan peralatan dan bantuan terkait penanganan tanggap bencana banjir," sebut Ronald.

Kemudian, BPBD Kota Medan juga memantau perkembangan Daerah Aliran Sungai (DAS) kota Medan. Memberikan himbauan kepada masyarakat agar tetap siaga dan segara mencari tempat dataran tinggi apabila terjadi kenaikan debit air secara tiba-tiba.

Sementara itu, Wali Kota Medan Bobby Nasution meminta maaf kepada warga Kota Medan yang terdampak banjir. Menurutnya, hujan deras telah mengguyur Medan dalam beberapa hari belakangan ini. Akibatnya, parit dan sungai meluap hingga menyebabkan jalan di Kota Medan tergenang air.

"Saya memohon maaf kepada seluruh warga Medan atas masalah banjir yang terjadi di sejumlah wilayah di kota medan," kata Bobby dikutip dari Instagramnya

Saat ini, kata dia, Pemkot Medan masih terus berusaha membenahi seluruh drainase yang tersumbat agar genangan air dapat diatasi. "Kita juga sedang mempersiapkan berbagai perencanaan penanggulangan banjir jangka panjang agar Medan benar-benar bebas dari banjir," ungkapnya.

"Mari berkolaborasi untuk mengatasi permasalahan ini bersama. Dukungan besar dari warga sangat dibutuhkan dalam menjalankan program-program untuk mengantisipasi dan menanggulangi permasalahan banjir di Kota Medan," sambungnya

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya