Pasar Bawah Bukittinggi Kebakaran Lagi, Wali Kota Sebut Mencurigakan

Puing bangunan bekas kebakaran kali ketiga yang terjadi di Pasar Bawah, Kota Bukittinggi, Sumatera Barat, pada Rabu dini hari, 24 November 2021.
Sumber :
  • ANTARA/Alfatah

VIVA – Kebakaran kembali terjadi di Pasar Bawah Kota Bukittinggi, Provinsi Sumatera Barat, Rabu dini hari, 24 November 2021, untuk kali ketiga dalam tahun 2021, sebanyak 25 kios pedagang habis terbakar.

Identitas 7 Korban Tewas Kebakaran Toko Frame di Mampang Jaksel

Puluhan lapak dan kios pedagang yang menjual barang harian, aksesoris, dan kebutuhan dapur itu diketahui terbakar pada Rabu dini hari, pukul 00:45 WIB.

"Ada sekitar 25 kios milik pedagang yang habis terbakar, informasi sementara api berasal dari tiga titik yang terbakar serentak, ini mencurigakan," kata Wali Kota Bukittinggi Erman Safar di Bukittinggi, Rabu.

Tersambar Petir, Bangunan Saung Bambu Mang Eking di Tangerang Terbakar

Wali Kota menyayangkan kembali terjadinya musibah kebakaran dalam waktu berdekatan di Pasar Bawah Bukittinggi.

"Kita sampaikan duka mendalam kepada seluruh korban, yaitu pedagang yang berjuang hidup sehari-harinya, segera dilakukan relokasi yang dimulai dengan pendataan seluruh pedagang," kata Erman Satar.

Detik-detik Bus Pahala Kencana Hangus Terbakar di Tol Jomo, Diduga Gegara Pecah Ban

Ilustrasi kebakaran

Photo :
  • VIVA.co.id/ Willibrodus

Sekretaris Damkar Bukittinggi Susilo mengatakan kebakaran yang terjadi persis berada di sisi jembatan gantung Pasar Bawah Kota Bukittinggi. Nilai kerugian, berdasarkan taksiran awal, sebesar Rp625 juta.

Sebanyak 12 unit armada dikerahkan untuk memadamkan api. Unit pemadam yang melakukan pemadaman terdiri dari 3 unit Damkar Agam, 1 unit Damkar Padang Panjang, 1 unit Damkar Payakumbuh, dan 7 dari Bukittinggi. Total personel yang dikerahkan 54 orang.

Tim Inafis melakukan olah TKP yang telah disegel oleh kepolisian. Berdasarkan hasil pemeriksaan sementara, dilaporkan satu orang diamankan oleh Polisi terkait kebakaran ini.

Kebakaran Pasar Bawah telah terjadi dua kali sepanjang tahun 2021, yaitu kebakaran los maco pada 11 September dan  di Surau Gonjong Aur Tajungkang pada 16 November. (ant)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya