Bentrok Ormas di Karawang Diduga Rebutan Limbah Ekonomis

Brio remuk diamuk massa di Karawang
Sumber :
  • Instagram @lintas.patroli

VIVA – Dua organisasi masyarakat atau ormas di Karawang Jawa Barat, Rabu siang 24 November 2021 tadi terlibat bentrok. Dilansir dari Antara, peristiwa itu terjadi akibat dua kelompok masyarakat terlibat rebutan limbah ekonomis di salah satu pabrik kawasan industri KIIC Karawang.

Tentara Amerika Ditemukan Meninggal Dunia di Karawang, Ini Kata Mabes TNI

Informasi yang berhasil dihimpun, kelompok masyarakat yang terlibat bentrok itu ialah LSM NKRI-Ormas GMPI dengan LSM GMBI.

Polisi Proses Hukum

Erick Beberkan Alasan Stasiun Kereta Cepat Karawang Belum Beroperasi 

Menyikapi itu, Kapolres Karawang AKBP Aldi Subartono menyatakan akan menindak tegas para pelaku yang terlibat bentrokan antarkelompok masyarakat di Kabupaten Karawang, Jabar, Rabu.

Dalam peristiwa bentrokan di jalan Interchange Karawang Barat tersebut, tiga orang mengalami kritis dan satu unit mobil rusak parah.

Stasiun Whoosh di Karawang Belum Beroperasi, Erick Thohir Ungkap Penyebabnya

"Saya pastikan (peristiwa bentrokan antarkelompok masyarakat) akan diproses secara hukum," katanya dikutip dari Antara.

Sejumlah alat bukti akan dilihat, untuk mendeteksi pihak-pihak yang terlibat. "Tadi dari Karawang ada beberapa LSM (yang diduga terlibat). Kita nanti akan deteksi sesuai alat bukti lain," ujarnya.

Berdasarkan pantauan di lapangan, massa yang terlibat bentrokan terlihat ada yang membawa senjata tajam dan senjata tumpul berupa bambu.

Kronologi Bentrokan

Bentrokan dua kelompok ormas itu terjadi berawal saat rombongan massa berseragam Ormas GMPI dan LSM NKRI dari arah Karawang Kota secara bersama-sama menuju kawasan industri.

Sekitar pukul 12.10 WIB, kendaraan anggota Ormas GMBI keluar melalui gerbang tol Karawang Barat. Tujuannya adalah ke Kawasan KICC untuk bergabung dengan yang lain. Tetapi malah mengarah ke kota.

Di depan Hotel Resinda, bertemu massa LSM GMPI yang bertujuan ke KIC Karawang Barat. Namun secara tiba-tiba, saat rombongan massa melintasi jalan Interchange Karawang Barat, tepatnya di depan Hotel Resinda, mereka bertemu dengan massa dari kelompok lain, hingga terjadi bentrok.

Dikabarkan 2 orang mengalami luka. Korban berada di dalam mobil tersebut. Sementara mobil jenis Brio bernomor polisi S 1724 BB, rusak. Bentrokan itu dapat dibubarkan Brimob yang menggunakan mobil Barakuda.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya