Presiden Jokowi: Selamat Hari Guru Nasional

Presiden Jokowi di FFI 2021.
Sumber :
  • Repro Youtube Kemendikbud RI

VIVA – Presiden Joko Widodo menyelipkan pesan penting dalam memperingati Hari Guru Nasional. Hari Guru, yang jatuh hari ini setiap 25 November, disebutkan oleh Presiden bahwa dunia pendidikan tetap berjalan meski pandemi COVID-19 telah mengganggu pembelajaran.

Tony Blair Ucapkan Selamat ke Prabowo Usai Menang Pilpres: Fantastis!

"Hampir dua tahun dalam selubung pandemi, dunia pendidikan kita tetap berjalan berkat inovasi, kreativitas, dan dedikasi para guru mengawal pendidikan generasi muda," kata Jokowi dikutip melalui akun Twitter, Kamis 25 November 2021.

Presiden mengatakan semua pihak termasuk para guru telah bekerja keras mengakhiri pandemi ini. Ia pu meminta, semua anak bangsa bergandeng tangan, gotong royong supaya dunia pendidikan kembali normal.

Pergerakan Pemudik Lebaran 2024 Capai 242 Juta Orang, Menhub Budi Beberkan Catatan dari Jokowi

"Mari bergandeng tangan untuk bersama memulihkan pendidikan," kata Kepala Negara.

"Selamat Hari Guru Nasional," sambungnya.

Survei LSI: Tingkat Kepuasan Publik pada Jokowi Naik 76,2 Persen

Menurut Keppres Nomor 78 Tahun 1994 dan UU Nomor 14 Tahun 2005 tentang guru dan dosen, tanggal 25 November ditunjuk sebagai Hari Guru Nasional dan juga dikenang sebagai hari berdirinya Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI). 

Mulanya, persatuan guru Indonesia dikenal dengan nama Persatuan Guru Hindia Belanda (PGHB) yang didirikan sejak tahun 1912. Kelompok guru ini terdiri dari guru bantu, guru desa, kepala sekolah, dan perangkat sekolah.

Ternyata, saat itu para guru sudah memproklamirkan kemerdekaan Tanah Air secara tidak langsung ketika mereka mengganti nama kelompok guru menjadi Persatuan Guru Indonesia (PGI) tahun 1932, sekitar 13 tahun sebelum Indonesia merdeka. 

Kemudian, dua bulan sesudah kemerdekaan yaitu tanggal 24-25 November, Hari Guru mulai disiarkan. Kala itu, para guru juga membuat kongres guru guna mendukung kemerdekaan di Kota Surakarta.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya