Faldo Tegaskan Bukan Jokowi yang Putuskan Venue Formula E

Faldo Maldini
Faldo Maldini
Sumber :
  • Facebook Faldo Maldini

VIVA – Staf Khusus Menteri Sekretaris Negara, Faldo Maldini, meluruskan pemberitaan yang mengatakan arena balap Formula E akan diputuskan oleh Presiden Joko Widodo. Menurut Faldo, ajang balap mobil listrik yang rencana awalnya diselenggarakan di Monas itu adalah tanggung jawab penuh Pemerintah Provinsi DKI Jakarta.

Belakangan diketahui, lokasi Monas dibatalkan karena bersinggungan dengan area Ring 1 Istana Kepresidenan. Jadi jika berpindah lokasi, bukan diputuskan oleh Presiden. 

“Menanggapi pemberitaan bahwa venue, pemilihan jalur racing dan hal-hal lain dalam penyelenggaraan Formula E akan diputuskan oleh Presiden, kami sampaikan bahwa hal-hal tersebut menjadi tanggung jawab Pemprov DKI dan panitia penyelenggara,” kata Faldo dalam pesan singkatnya, Kamis 25 November 2021. 

“Kami perlu tegaskan bahwa, sejak awal, inisiatif, skenario pembiayaan dan kepanitiaan penyelenggaraan Formula E menjadi domain Pemprov DKI. Oleh karena itu, semua terkait Formula E menjadi tanggung jawab Pemprov DKI,” sambungnya. 

Faldo bilang, dari berbagai dinamika yang muncul terkait Formula E ditegaskan merupakan ranah pemerintah daerah. Faldo juga menyampaikan, bahwa Gubernur DKI Jakarta sudah mengajukan waktu bertemu dengan Presiden Jokowi serta membawa panitia penyelenggara. 

“Namun, sebaiknya (sebelum bertemu Presiden) Pemprov DKI dan panitia penyelenggaraan memprioritaskan dulu untuk menuntaskan semua permasalahan yang dihadapi. Venue, jalur, termasuk tata kelola, harus dipersiapkan dengan sebaik-baiknya, sesuai peraturan perundang-undangan dan kepatutan,” kata dia. 

Faldo bingung dengan rencana Anies yang ingin menemui Presiden membahas balapan Formula E. Harusnya segala persiapan dimatangkan dahulu, bukan ujug-ujug meminta pertemuan dengan Kepala Negara.