Vammpir Ini Diburu Warga Kampung Jokowi

Vaksinasi massal di Solo dilakukan malam hari
Vaksinasi massal di Solo dilakukan malam hari
Sumber :
  • VIVA/Fajar Sodiq

VIVA – Berbagai cara dilakukan untuk menggenjot pencapaian vaksinasi COVID-19 di Solo. Dinas Kesehatan Solo membuka layanan vaksinasi hingga malam hari di lima Puskesmas di kota kelahiran Presiden Jokowi. Untuk menarik perhatian warga, salah satu Puskesmas menamai progam vaksinasi malam itu dengan nama Vammpir.

Puskesmas yang menyematkan nama Vammpir untuk kegiatan vaksinasi malam itu adalah Puskesmas Pajang. Hanya saja Vammpir yang dimaksud bukan bukan seperti vampir hantu penghisap darah manusia yang berkeliaran di malam hari. Vammpir yang diinisiasi Puskesmas tersebut merupakan akronim dari vaksinasi malam monggi pinarak (Vammpir).

Tak pelak, penamaan Vammpir itu sukses menarik perhatian warga. Ssdangkan Puskesmas Pajang mendapatkan jadwal untuk membuka layanan vaksinasi malam setiap Senin malam dan Rabu malam. Banyak warga yang mendatangi puskesmas itu pada malam hari untuk mendapatkan suntikan vaksin pertama maupun kedua.

Puskemas tersebut tidak hanya melayani vaksinasi warga ber-KTP Solo, tetapi juga warga ber-KTP luar daerah tetap berdomisili atau bekerja di Solo. Mudah dan cepatnya pelayanan Vammpir menjadi alasan mereka untuk memiliki vaksinasi di malam hari.

Menurut Kepala UPT Puskesmas Pajang, dr. Hat Sukarmadani, Vammpir dimulai semenjak awal Oktober. Saat awal pelaksanaan program tersebut, animo warga untuk mengikuti vaksinasi pada malam hari begitu tinggi. “Dulu pas awal-awal itu setiap harinya ada sekitar 60 -80 orang suntikan vaksin dosis pertama, Itu kontinu ya, setiap hari kita vaksin sejumlah itu, “ ujar wanita yang kerap disapa dokter Hat itu.

Seiring waktu, jumlah itu menurun belakangann ini. Jika dulu sekitar 60 orang, maka kini setiap harinya ada 20 orang vaksin dosis pertama. Namun antrian untuk vaksin dosis kedua tetap banyak. “Itu nggak cuma dari warga ber KTP-Solo, tapi ada juga warga ber-KTP non Solo,. Kalau di total antara suntikan dosis pertama dan dosis kedua ya sekitar 50-an,“ jelas dia di kantornya, Kamis, 25 November 2021.

Vaksinasi di malam hari ini biasanya dimanfaatkan oleh mereka yang memang tidak ada waktu pada siang hari untuk mengikuti vaksinasi. Di Pajang sendiri, bukan hanya para karyawan yang mengikuti vaksinasi malam, tapi juga para lansia dan penyintas Covid-19.