Sri Mulyani Dorong Percepatan Pembangunan di Papua

Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati.
Sumber :
  • ANTARA/HO-Biro Pers Sekretariat Presiden/Muchlis Jr.

VIVA – Kementerian Keuangan mendorong pembangunan infrastruktur, pembangunan sumber daya manusia (SDM) unggul, dan dukungan pengelolaan Dana Otonomi Khusus bagi Papua. Hal tersebut dalam upaya percepatan pembangunan kesejahteraan dan peningkatan kualitas pelayanan publik, serta kesinambungan dan keberlanjutan pembangunan di wilayah Papua. 

Terpopuler: Negara Tanpa Malam hingga Olahraga Ringan Setelah Lebaran

Hal itu diutarakan Menteri Keuangan, Sri Mulyani Indrawati, dalam kunjungan kerja ke Papua untuk melakukan ground breaking pembangunan Rumah Susun Negara (Rusunara), sekaligus melakukan peresmian Gedung Keuangan Negara Jayapura.

Menkeu mengungkapkan, untuk mengoptimalkan kinerja pegawai dalam mendukung pembangunan Papua, Kemenkeu bersinergi dengan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR). Hal itu untuk membangun hunian bersama (Rusunara) bagi pegawai Kemenkeu yang bertugas di wilayah Papua.

DPP Berani Ungkap Indonesia sedang Dilanda Krisis Paling Berbahaya

"Saya berharap dengan pembangunan Rusunara ini, para pegawai Kementerian Keuangan Jayapura menempati hunian yang layak saat bertugas di ujung negeri dan berkontribusi lebih kepada negara," kata Sri Mulyani dalam keterangan tertulis, Jumat 26 November 2021.

Menteri Keuangan Sri Mulyani

Photo :
  • VIVA/Mohammad Yudha Prasetya
Bukan Hanya Palestina, Ini 9 Negara yang Belum Diakui Keanggotannya oleh PBB

Menkeu juga menyampaikan, kesuksesan penyelenggaraan PON XX dan PEPARNAS Papua tidak terlepas dari dukungan APBN dalam penyediaan berbagai infrastruktur pendukung, yang dapat memberikan manfaat sosial dan ekonomi kepada masyarakat Papua dan sekitarnya.

“Saya berharap ekonomi di Papua akan tumbuh lebih tinggi lagi, karena Papua ini pada tahun 2021 pertumbuhan ekonominya jauh lebih tinggi dari nasional di atas 14 persen. Hal ini karena Papua di-drive oleh komoditas," ujarnya.

Dalam situasi ini, selain akan menikmati dana otsus, nanti Papua juga akan dapat dana bagi hasil. "Apalagi kemarin kita sudah mendukung sepenuhnya penyelenggaraan PON yang sukses dan PEPARNAS," kata Menkeu.

Sri Mulyani berharap ini akan menjadi momentum bagi Papua, untuk terus membangun sumber dayanya menjadi manusia-manusia yang hebat.

"Kita akan dukung sepenuhnya, kita berharap seluruh anggaran yang sudah dialokasikan dimanfaatkan untuk semaksimal mungkin menciptakan perbaikan bagi SDM dan kesejahteraan serta mendorong perekonomian untuk bangkit kembali," ujarnya.

:

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya