KPK Akan Gelar Hari Antikorupsi Sedunia 9 Desember 2021

Gedung KPK
Sumber :
  • KPK.go.id

VIVA –  Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) bakal kembali menggelar hari antikorupsi sedunia (Hakordia) 2021 pada 9 Desember 2021.

Jokowi Sempat Malu karena Indonesia Belum Jadi Anggota Penuh FATF

Presiden Joko Widodo dan Wakil Presiden Ma'ruf Amin dijadwalkan hadir dalam acara tersebut.

"Kami mengundang Presiden RI untuk bisa bersama-sama memperingati Hari Antikorupsi tahun ini sama seperti tahun-tahun sebelumnya," kata pelaksana tugas (Plt) Deputi Koordinasi dan Supervisi KPK Yudhiawan Wibisono di kantornya, Jalan Kuningan Persada, Jakarta Selatan, Jumat, 26 November 2021.

Pemerintah Bakal Tambah Saham di Freeport Indonesia Jadi 61 Persen, Begini Penjelasan Tony Wenas

Presiden Jokowi dikabarkan akan hadir secara langsung untuk membuka acara di Gedung Merah Putih KPK. Sementara Ma'ruf Amin yang akan menutup acara tersebut.

"Tahun ini presiden datang pada pukul 09.30 WIB, wakil presiden datang 11.30 WIB," kata Yudhiawan.

Antre Open House Jokowi Sempat Ricuh, Istana Minta Maaf

Gedung KPK

Photo :
  • VIVA/Andry Daud

Presiden dan wakil presiden bisa dijadwalkan hadir karena pandemi COVID-19 di Indonesia mulai mereda. Sehingga, kata Yudhiawan, undangan untuk kedua orang terpenting di Indonesia itu sudah memungkinkan.

Sedangkan Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo dan Jaksa Agung ST Burhanuddin juga diundang dalam acara ini. Beberapa petinggi kementerian dan lembaga juga diundang untuk memeriahkan acara.

Acara ini juga akan digelar di empat wilayah lain di Tanah Air. Empat lokasi tersebut yakni Kendari, Banjarmasin, Pekanbaru, dan Nusa Tenggara Timur (NTT).

Masyarakat bisa mengikuti acara secara daring. Lembaga Antikorupsi memastikan acara itu disiarkan langsung di akun YouTube resminya.

"Kami ingin mengajak semua masyarakat, kementerian atau lembaga, dan swasta bersama-sama memperingati Hari Antikorupsi Sedunia untuk terus mengingatkan pada cita-cita kita membangun Indonesia yang bebas dari korupsi melalui peran kita masing-masing," kata Yudhiawan.

Tema Hakordia 2021 yakni 'Satu Padu Bangun Budaya Antikorupsi'. KPK berharap tema itu bisa membakar semangat antikorupsi masyarakat dan seluruh pemangku kepentingan di Indonesia.

"KPK ingin mendorong seluruh kementerian atau lembaga, pemda, dan seluruh elemen masyarakat sama-sama menyelenggarakan rangkaian kegiatan Hakordia 2021," ujarnya.


 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya