Libur Nataru, Polisi Akan Pasang Stiker Kendaraan yang Lolos Cek SKM

Kadiv Humas Polri Irjen Pol Dedi Prasetyo
Kadiv Humas Polri Irjen Pol Dedi Prasetyo
Sumber :
  • Istimewa

VIVA – Kepolisian Republik Indonesia (Polri) bakal memberlakukan posko check point dalam rangka pengamanan libur Hari Natal dan Tahun Baru 2022 (Nataru), di sejumlah titik wilayah Indonesia. Dalam kegiatan ini, Polri menggelar Operasi Lilin dimulai sejak 20 Desember 2021 hingga 2 Januari 2022.

Kepala Divisi Humas Polri Irjen Dedi Prasetyo mengatakan, check point akan disebar di beberapa perbatasan wilayah hingga pintu masuk keluar tol. Menurut dia, pengendara wajib menunjukkan surat keluar masuk (SKM) dari Ketua RT untuk melintas.

“Di titik-titik perbatasan, pintu keluar tol, itu ada posnya, dan pos itu sebagai cek poin untuk mengecek apakah masyarakat yang keluar itu berpergian ada SKM. Kalau enggak ada SKM, ya swab antigen,” kata Dedi di Mabes Polri pada Jumat, 26 November 2021.

Pemerintah tidak menerapkan penyekatan, tapi pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) level 3 saat libur Nataru. Dengan begitu, kata Dedi, Polri akan melaksanakan kebijakan tersebut.

Ilustrasi PPKM.

Ilustrasi PPKM.

Photo :
  • VIVA/M Ali Wafa

“Jadi penyekatan ditiadakan, enggak ada istilah penyekatan. Tapi kita memaksimalkan dan mengoptimalkan PPKM skala mikro,” ujarnya.

Menurut dia, para pengendara yang tidak dapat menunjukkan SKM akan dilakukan tes cepat COVID-19 antigen secara gratis di Posko PPKM. Jika positif, kata dia, pengendara akan dievakuasi.