Pentolan KKB Papua Terlibat Pembunuhan Staf KPU Yahukimo Ditangkap

Jasad dua karyawan yang dibunuh dan dibakar beserta kendaraannya di pinggir kalo Brazza, Dekai, Yahukimo, Papua, oleh KKB pimpinan Tenius Gwijangge, Minggu, 22 Agustus 2021.
Sumber :
  • ANTARA

VIVA – Satgas Penegakan Hukum Nemangkawi menangkap Temianus Magaya, pentolan kelompok kriminal bersenjata (KKB) pelaku sejumlah aksi penembakan dan kekerasan di Dekai, Kabupaten Yahukimo.

Wanita Open BO di Dermaga Pulau Pari Dilaporkan Hilang Sebelum Ditemukan Tewas

Menurut Direktur Kriminal Umum Polda Papua Kombes Pol. Faizal Rahmadani menjelaskan, Temianus Magayang merupakan anggota militan Komite Nasional Papua Barat (KNPB) yang juga terlibat pembunuhan staf KPU Yahukimo, Hendrik Jovinski.

"Selain terlibat dalam pembunuhan staf KPU Yahukimo pada 11 Agustus 2020, Temianus Magayang juga terlibat berbagai aksi kekerasan yang terjadi di sekitar Kabupaten Yahukimo," kata Faizal Rahmadani di Jayapura, Sabtu, 27 November 2021.

Ada Luka di Dada hingga Leher pada Wanita yang Ditemukan Tewas di Dermaga Pulau Pari

Truk yang diduga ditembak oleh KKB di Yahukimo, Papua.

Photo :
  • VIVA.co.id/ Aman Hasibuan (Papua)

Magayang, katanya, termasuk dalam salah satu anggota kelompok bersenjata yang dicari dan masuk dalam daftar pencarian orang Polres Yahukimo, dan kini dia ditahan di Polres Yahukimo di Dekai. 

Minta Uang Buat Bayar Utang dan Cicilan Motor, Fitri Tewas di Tangan Mantan Suami

Berdasarka laporan yang diterima, Magayang terlibat dalam 12 aksi kekerasan hingga menewaskan warga sipil, termasuk Sayib, yang dibunuh pada 20 Agustus 2020.

Rahmadani menyatakan, "Temianus Magayang juga terlibat penembakan dan pembunuhan dua personel Batalion Infanteri Lintas Udara 432/Kostrad serta merampas senpi yang dibawa korban, kasus pembunuhan karyawan PT Indo Papua pada 22 Agustus, dan kontak tembak dengan aparat gabungan dari Satuan Tugas Nemangkawi dan Polres Yahukimo." (ant)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya