Temianus Si Dedengkot KKB yang Ditangkap Terlibat Aksi-aksi Pembunuhan

Satgas Nemangkawi dan Polres Yahukimo menangkap komandan operasi kelompok kriminal bersenjata (KKB) Kodap XVI Yahukimo bernama Demius Magayang alias Temius Magayang Distrik Dekai, Kabupaten Yahukimo, Papua, Sabtu, 27 November 2021.
Sumber :
  • IST

VIVA – Satgas Nemangkawi dan Polres Yahukimo menangkap komandan operasi kelompok kriminal bersenjata (KKB) Kodap XVI Wilayah Yahukimo bernama Demius Magayang alias Temius Magayang di sekitar kompleks PT Indo Papua, Jalan Gunung, Distrik Dekai, Kabupaten Yahukimo, Papua, Sabtu siang, 27 November 2021.

Panglima TNI Putuskan untuk Mengubah Sebutan KKB Menjadi OPM

Menurut Kepala Bidang Hubungan Masyarakat Polda papua Kombes Pol A.M. Kamal, Temius Magayang masuk Daftar Pencarian Orang (DPO) alias buron dengan sejumlah kasus kekerasan yang dilakukannya.

"Saat dilakukan penangkapan, Demianus berada di dalam mobil Hilux dan selanjutnya dibawa ke Polres Yahukimo untuk pemeriksaan lanjutan," kata Kamal dalam keteranganya.

Sosok Matias Gobay, Dalang OPM atas Penembakan Keji Danramil Aradide

Dalam penangkapan itu, polisi juga mendapatkan satu pucuk senjata api pendek rakitan, 8 butir amunisi dengan kaliber 5,56 sebanyak 7 butir, dan amunisi kaliber 7,62 sebanyak 1 butir.

Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) Papua/ilustrasi

Photo :
  • Puspen TNI
Anggota Polres Yahukimo Dibunuh OTK, Banyak Luka Tusuk di Tangan hingga Leher

Saat penangkapan itu juga ditemukan pisau, satu telepon genggam, dan 2 buah dompet, serta kalung bercorak Bintang Kejora.

Berikut sejumlah kasus kekerasan yang dilakukan oleh Demius Magayang alias Temius Magayang:

1. Penganiayaan berat terhadap Staf KPUD Yahukimo almarhum Henry Jovinski
2. Pembunuhan kepada Muhammad Toyib di Jalan Bandara Dekai pada 18 Mei 2021
3. Pembunuhan 2 anggota Satgas Pamrahwan 432/SWJ di ujung Bandara Nop Goliat Dekai

“Rencana besok pada hari Minggu tanggal 28 November 2021 Demius Magayang alias Temius Magayang akan diberangkatkan ke Jayapura untuk mendapatkan perawatan medis,” kata Kamal.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya