Banggai Sabet Penghargaan 2021, Suharso: Daerah Lain Bisa Copy Paste

Bupati Banggai Ir. H. Amirudin (tengah).
Bupati Banggai Ir. H. Amirudin (tengah).
Sumber :
  • Istimewa

VIVA – Kabupaten Banggai, Sulawesi Tengah meraih penghargaan Kabupaten terbaik kedua dalam aspek perencanaan dan pencapaian pembangunan. Penghargaan Pembangunan Daerah (PPD) 2021 ini diselenggarakan Kementerian PPN/ Bappenas.

Menteri PPN/Kepala Bappenas Suharso Monoarfa mengapresiasi kepala daerah yang dinilainya sudah membuat kebijakan baru untuk mempercepat pembangunan di daerahnya. Ia menyampaikan agar daerah lain bisa mengikuti atau mencontoh daerah yang meraih prestasi.

“Banyak saya lihat beberapa daerah melakukan inovasi-inovasi kebijakan dan inovasi kebijakan ini seyogyanya bisa di-copy paste oleh daerah-daerah yang lain," ujar Suharso, dalam keterangannya yang dikutip pada Minggu, 28 November 2021.

Dia menyampaikan agar inovasi kebijakan tersebut bisa disesuaikan dengan keadaan, situasi, dan gaya yang dimiliki masing-masing daerah.

Menurut Suharso, Banggai dianggap berhasil dalam mempersiapkan perencanaan berkualitas untuk membangun daerah lebih baik. Terkait aspek pencapaian, ia bilang, Banggai mampu menekan angka kemiskinan di tengah pandemi COVID-19.

Dia menyebut salah satu gebrakan Pemkab Banggai seperti croos cutting program yang di antaranya program penanggulangan kemiskinan, pencegahan stunting dan pengembangan pariwisata.

Pun, dalam aspek perencanaan Kabupaten Banggai juga dinilai mendukung program prioritas nasional yang tertuang dalam Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD).