Banggai Sabet Penghargaan 2021, Suharso: Daerah Lain Bisa Copy Paste

Bupati Banggai Ir. H. Amirudin (tengah).
Sumber :
  • Istimewa

VIVA – Kabupaten Banggai, Sulawesi Tengah meraih penghargaan Kabupaten terbaik kedua dalam aspek perencanaan dan pencapaian pembangunan. Penghargaan Pembangunan Daerah (PPD) 2021 ini diselenggarakan Kementerian PPN/ Bappenas.

Kepala OIKN Klaim Terima 369 Surat Minat Investasi di IKN: Selama Ini Mereka Wait and See

Menteri PPN/Kepala Bappenas Suharso Monoarfa mengapresiasi kepala daerah yang dinilainya sudah membuat kebijakan baru untuk mempercepat pembangunan di daerahnya. Ia menyampaikan agar daerah lain bisa mengikuti atau mencontoh daerah yang meraih prestasi.

“Banyak saya lihat beberapa daerah melakukan inovasi-inovasi kebijakan dan inovasi kebijakan ini seyogyanya bisa di-copy paste oleh daerah-daerah yang lain," ujar Suharso, dalam keterangannya yang dikutip pada Minggu, 28 November 2021.

Pembangunan Gedung DPR RI di IKN Baru Dimulai 2025

Dia menyampaikan agar inovasi kebijakan tersebut bisa disesuaikan dengan keadaan, situasi, dan gaya yang dimiliki masing-masing daerah.

Menurut Suharso, Banggai dianggap berhasil dalam mempersiapkan perencanaan berkualitas untuk membangun daerah lebih baik. Terkait aspek pencapaian, ia bilang, Banggai mampu menekan angka kemiskinan di tengah pandemi COVID-19.

Alasan Mike Pence Ogah Dukung Donald Trump di Pilpres AS 2024

Dia menyebut salah satu gebrakan Pemkab Banggai seperti croos cutting program yang di antaranya program penanggulangan kemiskinan, pencegahan stunting dan pengembangan pariwisata.

Pun, dalam aspek perencanaan Kabupaten Banggai juga dinilai mendukung program prioritas nasional yang tertuang dalam Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD).

Menurutnya, dalam ajang PPD 2021, Kementerian PPN/Bappenas memberikan pengharaan memang kepada pemerintah daerah yang moncer memberikan perencanaan yang berkualitas, pencapaian target pembangunan daerah, serta inovasi pembangunan yang dilakukan daerah.

Dalam PPD 2021, Bupati Banggai Amirudin yang langsung menerima penghargaan sebagai kabupaten terbaik II kategori perencanaan dan pencapaian. Penghargaan tersebut diberikan Suharso Monoarfa.

Bupati Banggai Amirudin mengatakan penghargaan ini akan jadi motivasi sekaligus pelecut pemerintahan daerah yang dipimpinnya kedepan untuk aktif berbuat inovasi demi pelayanan terhadap masyarakat.

"Penghargaan PPD ini akan menjadi pelecut dan motivasi kami untuk bisa konsisten dalam merencanakan Pembangunan Daerah dengan baik kedepan," tutur Amirudin.

Dia pun mengapresiasi ASN, dan perangkat daerah yang mampu menunjukkan kinerja terbaik dalam membuat perencanaan pembangunan di Kabupaten Banggai,

"Harapan kami, bukan hanya sekedar penghargaan, tetapi kembali ke tujuan semula, bahwa perencanaan pembangunan daerah yang disusun harus benar-benar mendorong pembangunan di Kabupaten Banggai," jelas Amirudin.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya