Ganjar Pranowo Ingin Desa Jadi Ujung Tombak Pembangunan

Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo menghadiri musda Papdesi secara virtual
Sumber :
  • Istimewa

VIVA – Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo berharap desa menjadi ujung tombak pembangunan. Hal itu disampaikannya di Musyawarah Daerah (Musda) I Perkumpulan Aparatur Pemerintah Desa Seluruh Indonesia (Papdesi) DPD Jawa Timur, Sabtu malam, 27 November 2021.

Wisatawan di Kota Semarang Capai 350 Ribu Orang Saat Libur Lebaran, Kota Lama Terbanyak Dikunjungi

Ganjar merupakan Ketua Dewan Pembina Papdesi. Dia hadir secara virtual dan memberikan sambutan dalam kegiatan yang diadakan di Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur ini.

"Kita harapkan nanti betul-betul desa itu sebagai frontliner, menjadi gerbang paling depan untuk membangun," ujar Ganjar dalam sambutannya.

TPP ASN Pemkot Semarang Akan Dipotong 15 Persen per Hari jika Bolos Usai Lebaran

Ganjar bilang, apabila desa menjadi pusat pembangunan, maka kreasi dan inovasi akan tumbuh. Dia juga berharap Musda I tersebut bisa melihat dan membahas permasalahan-permasalahan di desa.

"Mungkin problem administrasi, mungkin problem bagaimana kita berkreasi, agar desa-desa bisa berkembang. Bagaimana menggunakan anggaran desa dengan tepat, bagaimana mengajak partisipasi masyarakat untuk terlibat dalam penyusunan program yang ada di desa," ucapnya.

Megawati Kirim Surat Amicus Curiae kepada MK, Ganjar Sebut Terilhami Sosok Kartini

Lebih lanjut, Ganjar berpesan agar para kepala desa bisa saling bertukar ide dan gagasan. Kemudian, Ganjar juga meminta para kades memerhatikan kaum disabilitas.

"Saya titip juga para penyandang disabilitas yang ada di desa, ajak yuk mereka. Minimal didata untuk kemudian mereka bisa berpartisipasi," kata Ganjar.

Musda I Papdesi DPD Jatim ini menghasilkan Ketua Papdesi DPC Mojokerto, Jurianto Bambang Siswantoro sebagai ketua terpilih. Jurianto yang juga Kades Duyung, Kecamatan Trawas, Kabupaten Mojokerto itu terpilih secara aklamasi dan akan menjabat hingga 2026.

"Program ke depan kita, harus memberikan kontribusi yang baik bagi anggota kita dan masyarakat pada umumnya. Kita nanti membangun Indonesia melalui membangun desa mandiri," tutur Jurianto.

Baca juga: Ganjar Sebut Tol Semarang-Demak Bisa Selesaikan 2 Masalah Ini

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya