Waspada COVID-19 Omicron, Pintu Masuk Bandara-Pelabuhan Diperketat

Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin
Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin
Sumber :
  • Biro Setpres

VIVA – Penyebaran varian baru virus Corona bernama Omicron membuat pemerintah meningkatkan kewaspadaan. Otoritas yang mengurusi transportasi dan pintu masuk menuju Republik Indonesia diminta meningkatkan pemeriksaan. 

Hal itu menyusul laporan dari berbagai negara dan penelitian akan bahayanya Omicron. 

“Kita akan pastikan semua kantor karantina pelabuhan di udara, laut, dan darat bekerja dengan keras. Kebijakan kita semua kedatangan internasional akan kita tes PCR,” kata Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin dalam keterangan pers, Minggu malam 28 November 2021.

Budi mengatakan, tes PCR itu juga diikuti tindakan lain setelah jika seseorang teridentifikasi positif tertular. Yakni menggunakan tes dengan metode genome sequencing yang bisa membaca varian virus.

Lebih lanjut Budi menyatakan, di Indonesia sendiri belum terdeteksi varian Omicron. “Indonesia belum teramati adanya varian Omicron ini,” ujar eks Dirut Bank Mandiri tersebut. 

Ilustrasi COVID-19/virus corona

Ilustrasi COVID-19/virus corona

Photo :
  • Pixabay/mattthewafflecat

Dari laporan yang diterima, hingga kini varian Omicron sudah menjangkit atau terdeteksi sebanyak 128 kasus yang tersebar di berbagai negara. Paling banya disumbangkan dari Afrika Selatan, karena negara itu lah yang pertama kali mengumumkan varian itu menjangkiti masyarakatnya.