Akibat Cuaca Buruk, Truk di Dalam Kapal Sampai Terguling

Barang yang diangkut truk di dalam kapal berserakan akibat cuaca buruk.
Sumber :
  • KSKP Merak

VIVA – Dua truk terguling di dalam KMP Nusa Dharma, lantaran kapal dihantam ombak tinggi dan cuaca buruk di Selat Sunda. Kapal itu berangkat dari Pelabuhan Bakauheni, Lampung, menuju Pelabuhan Merak, Kota Cilegon, Banten, sekitar pukul 19.00 WIB.

Grand Elty Krakatoa: Liburan Impian di Lampung dengan Pemandangan Menakjubkan

Ketika sampai di sekitar Pulau Tempurung, KMP Nusa Dharma dihantam ombak tinggi dan cuaca buruk yang mengakibatkan truk bernomor polisi BE 8615 PT bermuatan kelapa dan truk bernomor polisi BE 9160 YC bermuatan pisang terguling di dalam kapal.

"Ketika di tengah perjalanan menuju Pelabuhan Merak, sekitar perairan Pulau Tempurung, kapal mengalami guncangan yang diakibatkan oleh gelombang laut sehingga mengakibatkan 2 unit kendaraan truk terguling," kata Kapolsek KSKP Merak, AKP Deden Komarudin, Minggu 28 November 2021.

Arus Balik Lebaran, Baru 27 Persen Kendaraan Pribadi Kembali dari Sumatera ke Jawa

Truk di dalam kapal terbalik akibat cuaca buruk.

Photo :
  • KSKP Merak

Peristiwa itu terjadi Sabtu malam, 27 November 2021. Kapal berhasil sandar di Dermaga 2 Pelabuhan Merak sekitar pukul 21.40 wib.

Jasa Marga Catat 714 Ribu Kendaraan Sudah Kembali ke Jakarta saat Arus Balik Lebaran

Evakuasi dua kendaraan yang terguling membutuhkan waktu lama, karena baru selesai sekitar pada Minggu dini hari, 28 November 2021 sekitar pukul 00.30 wib.

"Sekira pukul 00.30 wib kendaraan truk yang terguling telah selesai dievakuasi dan dapat keluar dari kapal, selanjutnya KMP Nusa Dharma melakukan anchor di dekat perairan Pulomerak Besar karena telah melampaui batas waktu port time," terangnya.

Truk di dalam kapal terbalik akibat cuaca buruk.

Photo :
  • KSKP Merak

PT ASDP Indonesia Ferry memastikan tidak ada lagi kendaraan yang terguling di dalam kapal, akibat cuaca buruk. Beruntung kejadian tersebut tidak menelan korban jiwa.

"Tidak ada korban jiwa. Kendaraan terbalik itu saja di Dermaga 2," kata GM ASDP Indonesia Ferry Cabang Merak, Hasan Lessy, Minggu.

Sebelumnya, pada Sabtu-Minggu, 27-28 November 2021, cuaca buruk yang menerjang Pelabuhan Merak menyebabkan KMP Jatra 3 sulit sandar di Dermaga 6 Eksekutif. Bahkan harus berpindah ke Dermaga 2 untuk menurunkan penumpang dan kendaraan.

Kemudian hari Selasa, 23 November 2021, cuaca buruk di Pelabuhan Merak juga menyebabkan KMP Nusa Jaya dan KMP Farina yang sedang lepas jangkar bertabrakan di dekat Pelabuhan Merak, Kota Cilegon, Banten.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya